BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Thursday, November 7, 2013

Film Dengan Tokoh Utama Berwatak Jahat (kriminal)

Udah saya temukan alasan untuk kembali ngeblog lagi setelah hampir setengah tahun gak pernah nulis, tapi tetep aja setiap pengen nulis malah bingung apa yang mau ditulis. Saya jadi takut kalau otak ini udah mulai tumpul gak kaya dulu lagi. 

Dulu sewaktu baru - barunya punya blog dan masih semangat nulis, sehari bisa dapet 5 artikel untuk diposting. Tapi biasanya kalau saya dapet banyak artikel dalam sehari, maka akan saya posting berkala gak sekaligus. Nah giliran sekarang, satupun artikel untuk sehari aja susah. Mungkin emang bener kalo otak udah tumpul gak lagi kreatif kaya dulu.

Jadi, untuk balikin kreatifitas, saya harus mulai nulis info - info biasa dulu. Yah, walaupun bukan ciri khas blog ini untuk menyampaikan info seperti blog lainnya, tapi karena ini demi mengembalikan mood jadi saya lakuin.

Kali ini saya mau mereview beberapa film yang menurut saya unik. Keunikan filmnya terdapat pada penokohan tokoh utama yang memiliki watak jahat, ya walaupun kejahatan yang Ia lakukan adalah semata - mata untuk tujuan yang baik.

Film dengan  tokoh utama baik, cengeng, heroik, keren, itu udah biasa. Tapi kalo tokoh utamanya jahat dan antagonisnya malah baik, baru seru! Film jenis ini bikin penonton gak melulu dijejali rasa yang sama.

Nah, langsung aja cek beberapa film dengan tokoh utama berwatak jahat versi Ancient Manuscript


THE GOD FATHER

http://entrepreneurialambitions.files.wordpress.com/2012/03/godfather.jpg

Ini baru yang namanya film sepanjang masa. Pertama kali nonton The God Father ketika saya kelas 1 SMA dan di durasi 10menitan langsung nyerah. Gak mudeng sama ceritanya. Udah filmnya tahun 1972 dan gambarnya gak begitu bagus, ceritanya pun susah dicerna.

Awal semester 3 Kuliah saya coba nonton lagi The God Father. Durasi filmnya sekitar 3jam dan setelah selesai nonton, efek kagumnya bisa berminggu-minggu. Ceritanya emang susah dipahami, semuanya serba tersirat dan harus paham betul budaya luar. Tapi kalo paham sama ceritanya, pasti bisa menikmati filmnya.

Film ini intinya bercerita tentang keluarga mafia yang menjalankan bisnis keluarganya dengan metode kriminalitas. Keluarga mafia tersebut adalah para imigran itali di Amerika. Intrik - intrik persaingan antar keluarga mafia juga menambah kenikmatan ceritanya. God Father atau ayah baptis adalah jabatan atau gelar yang sakral untuk orang Italia. God Father akan sangat dihormati bagi sesama Italian tidak terkecuali untuk orang yang lebih tua.

Tokoh utama dalam film ini adalah si God Father yang bernama Vito Corlione dan Michael Corione. Kedua tokoh tersebut adalah tokoh God Father yang menjalankan urusan bisnis keluarganya dengan cara kotor seperti mengancam, menyuap orang, bahkan membunuh (dengan perantara anak buah). Cara kotor yang mereka lakukan sangat jahat dan keji namun semua dilakukan itu semata - mata untuk melindungi keluarga, menjalankan bisnis keluarga dan menjaga harga diri keluarga.


MEMENTO


Memento adalah film bikin pusing yang alur ceritanya campur antara mundur dan maju yang ujungnya ketemu di tengah - tengah. Mudeng gak maksudnya? saya si enggak!

Memento disutradarai oleh sutradara favorit saya Christopher Nolan yang sebagian besar filmnya memiliki cerita yang rumit yang susah dipahami. Dalam film Memento ini Crhistopher Nolan seperti mempermainkan penonton dengan alur cerita, cerita dan bahkan penokohannya.

Tokoh utama dalam film ini yaitu Leonard memiliki penyakit gangguan ingatan sehingga Ia tidak bisa menciptakan ingatan baru. Leonard kehilangan kemampuannya untuk menciptakan ingatan jangka pendek dikarenakan musibah yang menimpanya ketika hendak menyelamatkan istrinya dari pemerkosaan.

Mulanya Leonard diceritakan berniat mencari pelaku pembunuh istrinya dan berniat membalaskan dendamnya. Leonard dibantu puzzle berupa petunjuk ciri - ciri pelaku yang ditato di seluruh tubuhnya yang Ia tulis sendiri. Leonard melakukannya karena penyakitnya yang membuatnya tidak bisa mengingat ciri - ciri pelaku.Hanya dengan bantuan puzzle tersebutlah Leonard berharap bisa membalaskan dendamnya dengan membunuh si pelaku.

Namun, pada akhirnya (spoiler alert) ternyata pelaku pembunuhan istri Leonard yaitu John G. telah dibunuh oleh Leonard dengan dibantu oleh rekannya Teddy yang pada kenyataannya Leonard telah membunuh dua John G. Satu adalah pelaku pemerkosaan dan satu lagi adalah pengedar narkoba. Tidak hanya sampai situ kerumitan ceritanya, rupanya Leonard juga membunuh John G. ketiga yaitu rekannya sendiri Teddy.

Bingung bukan?

Sama! saya juga gak ngerti nulis apa! soalnya emang cerita dari filmnya sendiri juga gajelas. Jadi ini adalah interpretasi saya sendiri tentang filmnya. Benar atau salah saya serahkan pada Allah SWT. 

haha!

Kembali pada cerita yang masih membingungkan tadi, kenapa bisa Leonard membunuh 3 John G.? 

Seperti saya katakan, Leonard tidak bisa membuat ingatan baru. jadi, Ia tidak ingat bahwa Ia telah membunuh John G., dan terus mencari John G - John G yang lain untuk dibunuh. Bayangkan jika kebetulan ada 10 orang yang bernama John G. di dunia ini, maka hal ini akan memberikan Leonard 10 alasan untuk membunuhnya.

Kerumitan cerita belum selesai sampai di sini, ternyata Leonard telah mengarang identitasnya sendiri. Nama asli Leonard adalah Sammy Jankins dan Sammy Jankins (leonard) adalah orang yang sebenarnya membunuh istrinya sendiri.

Nah Lo!

Saya tidak tau pasti mengapa Sammy mengganti namanya menjadi Leonard. Tetapi saya punya asumsi bahwa Sammy begitu ketakutan ketika mengingat ternyata dirinyalah yang membunuh istrinya (yups, kali ini sammy dapat menciptakan ingatan) (emang membingungkan ceritanya), dan asumsi kedua saya adalah bahwa Sammy memiliki penyakit kepribadian ganda.

Mengetahui di akhir cerita bahwa Leonard sengaja menciptakan puzzle yang mengarah pada Pembunuhan Teddy (rekannya), maka saya menyimpulkan bahwa Leonard adalah orang jahat. He's the bad guy and also main carracter in this movie.

Yah, terlalu rumit saya menjelaskan, mungkin pembaca ada yang bisa bantu jelasin atau ada yang punya interpretasi lain untuk film ini silakan komentar di bawah artikel.


CATCH ME IF YOU CAN


Satu lagi film dengan tokoh utama jahat (kriminal) adalah Catch me if you can. Film ini menceritakan pengejaran seorang kriminal yang melakukan banyak sekali penipuan diantaranya memalsukan identitas digunakan untuk pencairan cek dan memperoleh pekerjaan, memalsukan cek, dan memalsukan riwayat pendidikan.

Tokoh utama yang diperankan Leonardo DiCaprio adalah seorang anak yang pintar melakukan penipuan dan pemalsuan dokumen.

dah gitu aja!

next >>


DEATH NOTE


Death Note adalah sebuah buku catatan milik dewa kematian (shinigami) yang sengaja dijatuhkan ke bumi karena pemiliknya yang sedang merasa bosan. Death note yang jatuh ke bumi ditemukan oleh seorang pelajar SMA bernama Light dan Ia memanfaatkan death note untuk memberantas kejahatan dengan caranya sendiri.

Siapapun namanya tertulis dalam buku death note maka akan mati. Kemampuan buku ini dimanfaatkan Light si tokoh utama untuk memberantas kejahatan dengan menuliskan nama - nama para kriminal seperti pembunuh, koruptor dll sehingga mereka mati. Light menganggap perbuatannya sebagai tindakan heroik dan mengatasnamakan keadilan.

Tapi Light memiliki musuh yaitu seorang detektif yang mencoba melacak kasus - kasus tewasnya para kriminal yang mati dikarenakan deathnote. Detektif tersebut bernama L (Ryuzaki) yang rupanya Ia adalah pemuda seumuran Light. Dan pertarungan antara Light dan L adalah pertarungan strategi dan pertarungan pikiran. Keduanya sama - sama memiliki strategi tersendiri untuk menang.

Saya sangat kagum dengan cerita film ini. Cerita bagaimana Light menutupi bahwa Ia pelakunya dan bagaimana L berusaha menemukan bukti bahwa Light adalah pelakunya. L sebenarnya sudah mengetahui bahwa dalang dibalik pembunuhan para kriminal adalah Light, namun L hanya perlu menemukan bukti yang kuat.

Light dengan pemikirannya membawanya pada cara yang salah dalam menegakkan keadilan. Ia berfikir bahwa dengan membunuh para kriminal, Ia telah berhasil menegakkan keadilan. Namun tindakannya berkembang ke arah perlindungan diri dengan membunuh beberapa agen FBI yang tidak bersalah hanya karena mereka mencoba menangkap Light. Tidak sampai di sini, Light pun berniat untuk membunuh ayahnya sendiri.


BREAKING BAD


Ini dia film dengan tokoh utama seorang kriminal yang paling saya favoritkan!

Ketika menulis artikel ini saya masih dalam proses menonton filmnya sampai episode 12 pada season 5. yups, Breaking Bad adalah TV series (macem sinetron gitu kalo di Indonesia) yang memiliki rating tertinggi di IMDb untuk kategory TV Series. Rating tertinggi artinya film ini gak bisa dianggap remeh. Dan saya sendiri bangga gak menyesal udah ngikutin ceritanya dari season 1 tahun, karena ceritanya yang unik dan setiap episode nya menegangkan.

Breaking bad terdiri dari 5 Season yang di setiap seasonnya saya bisa merasakan perbedaan genre yang dominan pada episodenya. Pada season pertama breaking bad saya selalu dibuat tertawa oleh ceritanya. walaupun adegan di film tegang atau ngeri, tetapi suasananya dibuat lucu dan menarik. Entah gimana bisa, pokoknya liat sendiri aja biar ngerti.

Season 2 breaking bad, saya sangka bakalan lucu seperti season pertama ternyata malah saya dibuat sedih. yups, saya gak nyangka ternyata ceritanya berubah jadi menyedihkan dan saya bisa dibuat menangis oleh adegannya apalagi akting aktornya yang luarbiasa bikin tambah sedih.

Setelah dibuat sakit perut ketawa ngeliat season 1 dan meneteskan air mata di season 2, di season 3 breaking bad saya dibuat tegang! Ceritanya berubah atmosfer. Udah seperti saya nonton film The God Father, Breaking Bad berubah menjadi film yang dipenuhi intrik. Tapi, bukan macem sinetron Indonesia yang you know lah! ya I love Indonesia, but I just try to be honest. what bad is bad. what good is good.

Season 4, suasananya bercampur baur, saya bisa tertawa, sedih dan tegang sekaligus. Dan untuk season terakhir yaitu season 5, well saya masih belum sampai akhir season yang berarti akhir filmnya juga, tetapi saya sudah memprediksi kalau endingnya akan menyedihkan. Mungkin kalau saya selesai menonton ini akan saya update artikelnya dan menceritakannya.

Overall, Breaking Bad is awesome. There's no such a good movie as good as it.

Ide ceritanya adalah menceritakan tokoh utama yaitu Walter White seorang guru kimia mencoba membuat Methamphetamine (semacam drugs) karena ingin mengumpulkan uang sebanyak - banyaknya sebelum Ia mati karena Kanker.

Walter White berubah menjadi seseorang yang jahat karena salah membuat keputusan. Ia membangun bisnis narkoba dan mulai menggunakan cara - cara mafia dalam menjalankan bisnisnya termasuk membunuh.

"breaking bad is the story of a guy that turn into a bad person because a bad decision"
-Bryan Cranstone- 

Nah, segini saja cerita kali ini. Sebenarnya masih banyak lagi film dengan Tokoh utama berwatak jahat (kriminal) namun saya hanya memposting yang menurut saya menarik untuk ditulis.

Dari beberapa film yang saya sampaikan di tulisan kali ini, mungkin ada kebaikan yang dapat diambil. Bahwa, seberapa pun baiknya niat kita untuk melakukan sesuatu, jika cara yang ditempuh adalah salah dan merugikan orang lain, maka otomatis kita termasuk orang yang jahat dan pantas mendapatkan hukuman atau karma.

Menurut saya orang jahat di dunia ini memang terlahir dari alasan baik tetapi caranya saja yang salah. Karena walaupun ada orang jahat dengan niat murni jahat seperti karaker "Joker" dalam film Batman, pasti orang tersebut sangat langka. Joker yang "want to watch the world burn"...? come on!

Karena semua manusia memiliki hati nurani yang sama dengan suara hati yang sama. Hati manusia sama - sama meneriakkan kebenaran dan kebaikan. Ketika seseorang hendak melakukan keburukan maka hati akan menolak. Siapapun yang peka terhadap suara hati maka mereka terhindar dari keburukan.

"Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal darah, apabila dia baik maka baiklah seluruh tubuhnya, dan apabila dia rusak, maka rusaklah seluruh tubuhnya.

ketahuilah bahwa segumpal darah itu adalah Hati"
-Al Hadits-


TamaT


Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

8 comments:

  1. Akhirnya, gue ngerti maksud film The Godfather. Sejak pertama kali nonton, yang gue mudeng cuma satu: Cerita Mafia. Tapi, setelah kesini. Gue diberi penjelasan ceritanya kayak gimana. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan gue gak nyeritain ceritanya geh Mat.
      kalo ceritanya sendiri bakalan panjang kalo ditulis. ehe

      Delete
  2. Gue paling suka sama The Godfather, suka aja sejak pertama kali ngelihat thrailernya di youtube...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat, ngeliat traillernya aja langsung suka, hebat!

      Delete
  3. Replies
    1. coba geh tonton.. terutama breakingbad

      Delete
    2. Btw, ikut giveaway gua yoook. Review bukunya ada di sini http://hadikurz.blogspot.com/2013/11/review-gagasdebut-gagasmedia-kei.html

      Delete
    3. gak dulu deh Hadi, soalnya novel itu gak sesuai sama genre novel kesukaan saya. ^_^
      mungkin giveaway yang lain saya akan ikut. tapi gak janji juga

      Delete

My Blog My Rules!