BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Saturday, November 16, 2013

Day 4: My Favorite Movie Directors | 30 Days Blog Challenge


I wrote my last post and promoted it about a day without a rest and I'm dying now. But I promised to my blog and to myself that I will finish this challenge, and here I am. Walaupun bolong sehari tapi tetep jumlah postnya akan berjumlah 30 sampai pada hari ke 30. Amin. hehe

Yang membuat sebuah film luarbiasa adalah sutradaranya. Pemain, penulis naskah, visual efek supervisor bahkan komposer musik semuanya mengikuti intruksi sang sutradara. Walaupun ada dari beberapa film pihak selain sutradara ikut membuat film menjadi luarbiasa, namun kebanyakan film tergantung dari arahan sutradara.

Saya pernah menonton film berjudul "2012" dengan visual efek yang luar biasa tetapi karena sutradara kurang bisa mengarahkan filmnya dengan baik, akhirnya saya sendiri tidak puas. Ending filmnya aneh. Bahkan film "2012" yang awalnya bergenre action dan disaster movie tersebut berubah bergenre comedy. Memang benar bahwa film tersebut gagal sebagai film action dan disaster karena ide ceritanya menggelikan yaitu tentang kiamat 2012 yang terbukti tidak terjadi.

Saya pun masih geli jika melihat lagi filmnya.

Dari sekian banyak film yang sudah pernah saya tonton, saya akan membuat daftar sutradara favorit versi saya sendiri. Ini dia daftarnya:


1 Christopher Nolan




Memento, Insomia, Batman Begins, The Prestige, The Dark Knight, Inception, The Dark Knight Rises
Interstellar (producing) 
 
Dua belas tahun terakhir ini christopher Nolan membawakan 7 filmnya masuk ke dalam daftar top 250 IMDb (internet movie database). Sutradara yang terkenal dengan gaya twist story dan scientific ini memang cerdas dalam mengarahkan film menjadi nikmat untuk diikuti. Semua filmnya memiliki cerita yang padat dan memiliki ending yang kuat.

Christopher Nolan memiliki kemampuan membuat film aksi tidak sekedar tembak - menembak atau pukul - memukul tetapi juga membuat film aksi tersebut memiliki kekuatan emosional yang kuat. Nolan mampu menyisipkan kisah yang dramatis di setiap filmnya. Penonton tidak hanya dibuat menikmati ceritanya  yang padat tetapi juga bisa mengeluarkan segala jenis perasaannya.

Yang paling membuat saya suka film Nolan adalah cara Nolan mengarahkan ending beberapa filmnya yang memiliki rasa dramatis. Film tersebut seperti Memento (2000), Insomnia (2002), The Prestige (2006), The Dark Knight (2008), Inception (2010) dan filmnya yang terakhir yang sekaligus mengakhiri batman trilogy yaitu The Dark Knight Rises (2012). Film yang baru saja saya sebutkan adalah film dengan ending dramatis dan beberapa di antaranya seperti The Prestige, Inception dan The Dark Knight Rises memiliki Ending yang membuat penonton berpikir.

Film - film karya Nolan memang layak berada di top 250 IMDb. Apalagi dengan The Dark Knight berada di posisi ke enam membuat saya menunggu-nunggu karya terbaru film dari Nolan. Hal ini membuat saya tidak sabar menunggu film karya Nolan terbaru yang akan dirilis tahun 2014 dengan judul Interstellar.

Film Interstellar ini akan bercerita tentang mesin waktu dan segala teori yang Einstein kemukakan. Filmnya saya rasa akan sangat menarik mengingat film science fiction terakhir Nolan yaitu Inception merupakan film favorit saya juga.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------


2 Steven Spielberg




Schindler's List, Saving Private Ryan, Catch Me If You Can, War Horse, Lincoln

Steven Spielberg telah mensutradarai jenis film hitam putih, perang, crime dll. Saya menyukai Steven karena hampir semua film yang Ia sutradarai dinominasikan sebagai film terbaik Oscar. Dari sekian banyak filmnya saya menyukai Schindler's List, Catch me if you can dan war horse. Saya menyukainya karena film - film tersebut memiliki sentuhan drama yang kuat.

----------------------------------------------------------------------------


3 Quentin Tarantino




Pulp Fiction, Kill Bill (volume 1 & 2), Inglourious Basterds, Django Unchained

Kalau sutradara satu ini memiliki ciri khas dalam penulisan naskah dan selalu menyisipkan adegan "mexican Standoff" dalam setiap filmnya. Mexican standoff adalah istilah untuk adegan todong menodong dengan pistol yang terdiri lebih dari 2 orang. Dialog dalam film - film karya Quentin Tarantino dipenuhi dengan perkataan kotor yang bahkan dalam salah satu filmnya berjudul Pulp Fiction penonton disuguhi perkataan "F*ck" yang disebutkan sebanyak lebih dari 100 kali.

Ketika menonton film - film karya Quentin Tarantino pasti ada pertumpahan darah. Film terakhirnya berjudul Django Unchained sukses membuat saya merinding melihat darah - darah yang tercecer ke dinding dan muncrat dari tubuh. Hampir semua filmnya disuguhi ketegangan dari mexican standoff, dialog dan aksi.

------------------------------------------------------------------------ 


4 Peter Jackson




The Lord of the Ring (trilogy), King Kong, District 9, The Hobbit 

Peter Jackson dengan visual efeknya membuat penonton menikmati keindahan alam dan makhluk aneh yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Selain dibantu dengan keindahan dari visual efek, keindahan dari cerita film - filmnya pun membuat saya tidak sabar menunggu karya Peter berikutnya.

-----------------------------------------------------------------


5 Martin Scorsese




Goodfellas, The Aviator, The Departed, Shutter Island, Hugo

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan dari seorang Martin Scorsese karena Ia tidak memiliki ciri khas tersendiri dalam mengarahkan sebuah film. Dari beberapa film yang sudah saya tonton di atas memiliki genre yang berbeda dan tipe cerita yang berbeda. Namun pada dasarnya adalah film karya Martin Scorsese mampu membawa penonton tidak pernah bosan dengan ceritanya.

-------------------------------------------------------------

Artike ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : 5 People who inspires me

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

4 comments:

  1. Film Nolan yg paling suka mah Memento, Inception, sama TDK.
    Selain Christopher Nolan, yg paling favorit mah Michel Gondry.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Michel Gondry si gak terlalu, rif, gue sukanya cuma sama yang judulnya "spotless mind bla bla bla itu" itu :D

      Delete
  2. Nolan nolan nolan!! dia keren banget, film nya juga :'D

    ReplyDelete

My Blog My Rules!