BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Wednesday, November 20, 2013

Day 8: Pervert Accountant in Love | 30 Days Blog Challenge

Sebagai mahasiswa akuntansi gue nemuin banyak hal berlawanan antara akuntansi dengan hubungan percintaan. Hal berlawanan ini udah sepantesnya terjadi karena antara akuntansi dengan hubungan percintaan sangat berlawanan dari segi prinsip pengambilan keputusan. Kalau akuntansi punya prinsip bahwa apapun yang akan dilakuin harus berdasarkan logika sedangkan percintaan harus dilakuin berdasarkan hati dan perasaan.

asek

Sok Sedap Level Sotoy!


Gue gak nyangka ternyata perbedaan antara prinsip percintaan dengan prinsip akuntansi ini terlalu jauh dan akibatnya banyak hal yang berlawanan antara keduanya.

Dari beberapa prinsip akuntansi yang gue pelajari di bangku kuliah yaitu:


Melakukan penyusutan sesuai masa manfaat


Dalam akuntansi beberapa harta-tetap (fixed assets) memiliki masa manfaat yang sudah ditentukan lamanya dan nilai harta tersebut akan disusutkan sampai habis masa manfaatnya.

Contoh: Sebuah perusahaan membeli kendaraan seharga 50.000 (misal). Perusahaan menentukan masa manfaat kendaraan tersebut selama 5 tahun dan akan disusutkan dengan metode garis lurus sebesar 10.000 pertahun. Maka dalam tahun ke 3 harga kendaraan tersebut menjadi 20.000 atau dalam tahun ke 5 kendaraan tersebut tidak memiliki nilai untuk perusahaan. Biasanya ketika masa manfaat hampir habis, perusahaan akan menjual kendaraan tersebut dan membeli kendaraan baru.

Penyusutan fixed asset bertujuan untuk memperkecil pajak yang dibebankan pada perusahaan dengan tanpa memperkecil pendapatan perusahaan.

Kalau hal ini dipraktikkan dalam hubungan pacaran sih gue gak setuju! Misal begitu gue dapet pasangan (GUE BILANG MISAL!!!) gue berencana akan menyusutkan rasa sayang gue ke pasangan dengan menggunakan metode garis lurus untuk masa manfaat 12 bulan. Ini sama aja gue merencanakan putus sama pasangan gue untuk 12 bulan ke depan dengan keadaan gue gak sayang lagi sama doi.

Coba bayangin hal ini terjadi. Setiap bulan gue akan menyusutkan rasa sayang gue, dari bulan pertama yang setiap harinya nelfon dikurangi jadi seminggu sekali. Atau yang biasanya ngucapin met tidur sama pasangan tiap malem akhirnya udah gak pernah ngucapin lagi karena penyusutan perasaan sayang. Sampai masa manfaat pacaran hampir habis gue akan ancang - ancang nyari pasangan baru dan berencana mutusin pasangan sekarang di akhir masa manfaat pacaran di bulan ke 12.

Dengan perasaan sayang yang disusutkan sampai habis maka ketika putus pun gue gak akan merasakan patah hati. Atau kalau pasangan minta putus gak tepat pada habis masa manfaat paling gak rasa sayang gue udah berkurang dan gue gak sakit hati terlalu parah.

TAPI INI KEJAM!

Ini egois namanya dan gak manusiawi. Mungkin secara gak sengaja ada sebagian orang yang gunain metode ini dalam berhubungan. Biasanya yang pakai ini dalam berhubungan bisa diliat dari seringnya dia gonta - ganti pasangan.

Asumsi Unit Moneter


Dalam akuntansi dikenal satu asumsi yaitu Asumsi Unit Moneter. Dalam asumsi unit moneter, uang adalah denominator umum yang relevan, sederhana dan universal dalam mengkomunikasikan informasi ekonomi untuk pengguna Laporan Keuangan. Bahasa sederhananya semua harta termasuk persediaan, kewajiban, pendapatan dan beban nilainya dinyatakan dalam satuan uang bukan dalam satuan kuantitas.

Jika asumsi ini gue praktikkan ke dalam hubungan percintaan, gue bisa - bisa jadi cowok materialis. Dalam asumsi unit moneter gue harus mengkonversi semua perasaan gue kedalam nominal uang. Otomatis ini gak manusiawi.

Ketika gue hendak menjalani hubungan dengan seorang wanita maka gue harus mengkonversi perasaan gue ini ke nominal uang dan membandingkan perasaan gue dengan investasi atau tabungan. Gue harus bisa memilih mana yang lebih menguntungkan antara perasaan cinta gue, investasi dan menabung. Kalau ini terjadi mungkin Teori Ekonomi akan berubah total.

Asumsi unit moneter gak cocok dipraktikkan ke hubungan percintaan karena gak manusiawi dan membelenggu perasaan dengan pemikiran materialis. Kalau menurut gue sih dalam semua hubungan pastinya butuh pengorbanan anggaran makan (khusus anak kos *lol). Tapi jika dalam sebuah hubungan keduanya saling pengertian dan gak nuntut macem - macem sih apapun cobaannya pasti bisa dilalui bersama. Beda kalau misalnya si cewek mintanya dinner di tempat beda tiap malem padahal si cowok anak kosan, atau cowoknya gak tau diri sukanya ngutang sama ceweknya ini mah bakalan susah hubungannya.


Balance!


Ini prinsip dasar akuntansi untuk penjurnalan bahwa nilai kanan (debet) harus sama dengan nilai kiri (kredit). Jika nilai kanan dan kiri berbeda atau tidak balance maka pasti ada yang salah dari pencatatannya. Tapi yang perlu diketahui, debet bukan berarti kolom yang digunakan untuk mencatat pertambahan harta dan kredit bukan berarti kolom yang digunakan untuk mencatat pengurangan harta.

Jelas ini gak boleh dipraktikkan di hubungan percintaan karena emang gak mungkin juga ada orang yang mau nerapin. Bayangin aja kalau gue nerapin hubungan percintaan gue harus balance antara bahagia dan sedih. Jika dalam pertengahan periode hubungan pacaran gue merasakan 5 kebahagiaan bersama pasangan maka gue butuh 5 kesedihan bersama pasangan gue untuk menyeimbangkan (balance).

Hubungan macam ini dijamin gak bertahan sehari. -___- Bukannya sebuah hubungan dijalani tujuannya bahagia? mana ada hubungan tujuannya setengah bahagia setengah sengsara?

-------------------------------------------------------------

Kadang gue juga mikir ternyata akuntansi dibuat sangat berdasarkan logika dan berlawanan dengan perasaan. Ilmu yang gue serap dari akuntansi bener - bener gak boleh diterapin selain di pembukuan. Gue juga takut gak bisa bawa ilmu ini dan nerapinnya di kehidupanbikin gue orang yang gak manusiawi. Jadi, ati - ati aja buat mahasiswa akuntansi lainnya jangan sampai ilmu akuntansi disalahgunakan.

Iya, ini emang postingan ngaco! biarin!

Artike ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : My Weird Habits

Tuesday, November 19, 2013

Day 7: My Weird Habits | 30 Days Blog Challenge

Kebiasaan - kebiasaan aneh ini gue lakuin kebanyakan ketika gue masih kecil. Ketika gue masa - masa SMP gue punya banyak kebiasaan aneh yang menurut gue gak penting dilakuin. Dimulai dari ngelakuin perbuatan tertentu dan diulang - ulang akhirnya jadi kebiasaan yang sampai sekarang ada beberapa yang masih gue lakuin.


1. Menjentikkan jari setelah mengunci pintu


Ini adalah kebiasaan aneh gue dari SMP ketika selesai mengunci pintu maka gue akan menjentikkan jari gue keras- keras pertanda gue mengunci pintu. Kebiasaan ini dimulai dari gue mulai punya kamar sendiri yang biasanya tidur bareng adek. Saking senengnya udah punya kamar sendiri dan bebas ngapa-ngapain di kamar (uhuk) gue mengekspresikan kesenangan gue dengan menjentikkan jari setelah mengunci pintu kamar gue. Sampai orang rumah bisa tau kalau gue ngunci pintu kamar atau enggak dari suara jentikan jari gue.

Tapi semenjak kuliah dan dari kamar pindah ke kosan akhirnya kebiasaan ini mulai pudar. Awal di kosan kebiasaan aneh gue ini masih gue pakai dan lama - kelamaan gue sering berangkat kuliah hampir telat akhirnya gak sempet buat menjentikkan jari lagi. Dengan tanpa di sadari kebiasaan ini sekarang udah gue buang. Gue udah gak pernah make kebiasaan ini lagi, dan kadang - kadang gue masih pengen ngelanjutin kebiasaan ini karena setelah menjentikkan jari gue selalu punya energi positif yang tinggi. :D


2. Mengepalkan tangan untuk membedakan kanan dan kiri


Kebiasaan aneh gue yang kedua adalah gue selalu mengepalkan kedua tangan erat -erat untuk membedakan kanan atau kiri. Kebiasaan ini udah dari kecil gue lakuin karena dulu sewaktu kecil gue susah bedain antara kanan dan kiri. Setiap gue bermaksud ngomong kanan malah gue ngomongnya kiri dan sebaliknya. Menurut gue ini biasa dialami anak kecil yang gak bisa bedain dua kata yang saling berlawanan seperti kanan kiri, laper kenyang, vertikal horizontal dan lainnya.

Karena gue selalu lupa bedain antara kiri dan mana kanan, maka gue diajarkan orang tua gue cara bedain kiri dan kanan. Kata orang tua gue tangan kanan adalah tangan yang paling kuat, sementara tangan kiri lebih lemah dari tangan kanan. Gue pun spontan mengepalkan tangan erat - erat dan merasakan perbedaannya. Ternyata emang bener yang dibilang orang tua gue tangan kanan lebih kuat ketika mengepal dari pada tangan kiri. Kemudian ini jadi cara gue dan jadi kebiasaan gue ketika hendak membedakan antara kanan dan kiri.

Gue masih inget ketika naik motor dan diarahkan teman untuk belok ke kanan spontan gue belok kiri. Karena waktu itu gue gak sempet ritual dulu untuk bedain kanan atau kiri akhirnya gue salah belok. Kejadian ini bikin gue malu ketika cerita ini disebarkan di kelas dan gue pun belajar untuk gak ketergantungan sama ritualnya. 

Gue pun sekarang walaupun udah bisa bedain antara kanan atau kiri tapi gue tetep aja gue spontan mengepalkan tangan kalau disuruh bedain / nunjukkin kanan atau kiri. Sebenarnya ritual ini udah gak perlu lagi gue lakuin tetapi ritual ini udah menjadi kebiasaan gue sekarang. 


3. Nyanyi bukan pada tempatnya.


Gue selain nyanyi di panggung (cuma sekali *lol*) gue juga nyanyi di tempat - tempat yang seharusnya gak dipake untuk nyanyi. 

Contoh, gue suka nyanyi di kamar mandi. Ini si umum orang sering ngelakuin. Mungkin karena kamar mandi adalah tempat yang kecil dan tertutup jadi suara yang kita keluarkan bisa menggema seolah suara kita dipakein efek auto tune. Suara yang jelek bisa bagus kalau nyanyi di kamar mandi. Kamar mandi udah jadi studio rekaman gue sejak kecil. Di kamar mandi selain gue nyanyi lagu gue juga sering ngetes kemampuan gue Scream dan beatbox. Karena di kamar mandi, suara apapun yang kita keluarkan, pasti jadi bagus.

Kedua gue suka nyanyi ketika lagi di motor. Gue pulang kampung seminggu sekali dan di perjalanan pulang biasanya gue nemuin jalan yang sepi dan kanan - kiri isinya sawah. Nah, tempat yang asik buat nyanyi kedua selain di kamar mandi bagi gue ya di motor ketika jalanan sepi. Gue bisa nyanyi sekenceng - kencengnya dan efek dari pakai helmet bikin suara gue bagus walaupun gak sebagus efek autotune kamar mandi.

Tempat nyanyi yang gak etis ketiga gue adalah tempat antrean. Gue selalu spontan nyanyi ketika gue lagi gak ada kerjaan dan ngantre bikin gue spontan nyanyi. Sewaktu gue lagi di Bank, gue nunggu nomor antrean gue dipanggil dan gue ngerasa bosen maka gue akan spontan nyanyi. Kalau diingat kejadiannya gue bisa malu sendiri karena di antrean semacam itu pengen ngobrol pun harus pelan - pelan jangan sampai kaya pasar. Tetapi dengan pedenya gue nyanyi dengan suara yang jelas tetapi gak terlalu lantang dan semua orang walaupun gak ngeliatin gue pasti ill feel sama gue.


4. Gampang bosen


Gue punya kebiasaan gampang bosen sama pekerjaan yang lagi gue lakuin. Misal ketika gue lagi ngetik sekarang ini biasanya gue akan tahan ngetik untuk waktu 10 menitan dan setelah itu gue harus ngelakuin hal lain. Misal ketika bosen ngetik setelah 10 menit gue pegang gitar dan mainin Yiruma - Love me, setelah selesai main Yiruma gue langsung lanjutin ngetik. Tapi kalau mood ngetik masih belum balik, gue biasanya latihan trik sulap atau makan atau minum. Ini terus gue lakuin sampai mood gue balik.

Terkadang gue juga gak bisa sama sistem pembelajaran di Indonesia yang menuntut siswa atau mahasiswa berada di  kelas dan melaksanakan kegiatan belajar selama 2 jam lebih tanpa henti. Gue hanya bisa fokus dan konsentrasi dengan penjelasan dosen selama 10 - 15 menit, setelah itu gue otomatis mikirin hal lain sebelum bisa kembali lagi fokus ke dosen. Jadi ketika gue dipaksa ngelakuin satu pekerjaan yang memakan waktu lebih dari 15 menit non-stop maka gue sering kehilangan fokus.

Tetapi ada satu yang bikin gue gak bosen dan tetep fokus bahkan untuk lebih dari 20 menit. Gue bisa konsentrasi lama untuk nonton film. (YA IYALAH.....!) Nonton film sebenernya kegiatan yang paling gak produktif di mana otak manusia hanya dimanjakan oleh alur cerita dan tidak dibiarkan untuk berfikir. Jadi nonton film bagi gue menyenangkan karena gue bisa istirahat dari fokus untuk pekerjaan tertentu. Dan gue sekarang mulai membuat nonton film jadi semacam hobi gue.

Tapi kalau masalah berhubungan / pacaran sih gue gak bosenan. Tergantung orangnya juga sih... akakakak!

------------------------------------------------------

Gak kerasa gue udah sampai pada hari ke 7 tantangan 30 hari ngeblog, dan gue masih bisa nerusin tulisan gue. Di sela - sela kesibukan gue selalu menyempatkan diri untuk nulis dan melawan rasa malas gue. Karena gue udah sadar dengan menuliskan sesuatu tentang apapun itu jika ditulis dengan sepenuh hati maka tulisan tersebut bisa menjadi energi positif untuk bekal kepercayaan diri sehari - hari. 

Semangat nulis!

Artike ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : What am I Afraid of

Monday, November 18, 2013

Day 6: What am I Afraid of | 30 Days Blog Challenge

Yang akan saya tulis adalah ketakutan saya terhadap hal yang ada di dunia terlepas dari ketakutan saya terhadap Allah dan hari pembalasan.

Jika seseorang memiliki rasa takut menurut saya sih manusiawi. Bahkan orang yang "laki" badannya berotot seperti pakde saya juga takut sama uler. Jadi sebelum baca selengkapnya tolong buang jauh - jauh paradigma di mana seorang lelaki gak boleh takut dengan hal - hal kecil dan remeh. Manusia kan berbeda - beda. Saya juga gak menginginkan untuk memiliki rasa takut dan bahkan saya juga berusaha memerangi ketakutan saya. Tetapi adakalanya ketakutan itu susah untuk dilawan tetapi bukan berarti saya lemah. Bahkan sampai sekarang saya masih memerangi ketakutan saya.

Oke langsung aja, selain saya takut dengan cinta (uhuk) saya juga takut dengan beberapa hal di bawah ini:

1. Ular


Kasus pertama saya berhadapan dengan ular adalah ketika umur saya 7 tahun, saat itu tepat ketika malam sebelum perayaan ulang tahun saya ke 8. Malam itu saya pulang dari rumah nenek jalan kaki sendirian dan melihat seekor ular di depan saya dengan matanya menatap tajam ke arah saya. Saya hanya bisa diam menatap ular tersebut bahkan saya mencoba lari dan teriak tetapi seluruh tubuh seperti beku.

Ular itupun pergi dengan sendirinya. Mungkin si ular kala itu melihat mangsanya yang gak berdosa dan mengurungkan niat untuk memakannya. Setelah kejadian ini gak ada seorang pun yang tahu. Bahkan ini pertama kalinya saya menceritakannya. Setelah kejadian ini bahkan sampai sekarang saya masih membayangkan bagaimana seandainya ular tersebut malah menyerang saya dan saya pun terkena racunnya. Saya pun masih merinding mengingat kejadiannya.

Kasus terakhir yang saya alami dengan seekor ular adalah kemarin. Ketika saya hendak buang sampah saya melihat ular dengan ukuran sebesar tali tambang. Kecil sih, tapi ular itu membuat saya teriak macam ibu - ibu yang sampai tiga blok dengar teriakkan histeris dan fenomenal saya itu.

Ular memang selalu menguji kejantanan saya.

2. Kacang Panjang


Saya mengerti perasaan orang yang terkena pobia karena saya pun juga merasakannya. Jenis pobia yang dialami seseorang berbeda - beda dan terkadang juga aneh. Ada teman dengan pobia nasi, pobia kucing dan masih banyak lagi. Kalau boleh memilih maka saya juga gak mau memilih untuk takut dengan kacang panjang. Ketakutan saya dengan kacang panjang ini bukan lelucon dan bahkan gak lucu!

Mungkin orang lain yang gak pernah merasakan pobia akan menjadikan pobia orang lain sebagai hiburan bahan ejekan dan bahan tertawaan. Tetapi saya beritahu satu hal, pobia itu gak lucu! Semakin orang lain membuat pobia seseorang menjadi bahan tertawaan, maka pobia orang tersebut akan semakin susah dilawan.

Kenapa orang bisa mengalami pobia? apakah mereka dengan sendirinya takut dengan hal - hal tertentu? Pobia itu bukan hanya takut, tetapi juga sedih. Pobia gak datang dengan sendirinya. Beberapa teman saya yang saya aja sharing tentang pobia juga mengatakan bahwa pobia yang mereka alami memiliki penyebab tertentu. Penyebab orang pobia biasanya adalah kenangan buruk atau kejadian buruk yang pernah menimpa hidupnya.

Saya pun juga memiliki kejadian tersendiri untuk pobia yang saya alami. Saya nggak mau menceritakannya, intinya pobia bukanlah pilihan. Saya mendapatkan ketakutan ini dari kenangan buruk saya. Kenangan itu membuat saya takut dengan sosok kacang panjang dan takut akan kenangannya. Bahkan tanpa melihat kacangnya langsung dan hanya dengan membayangkannya saya bisa teringat kejadian itu. 

Ketakutan ini pun berkembang menjadi kegelian ketika menyentuh kacang panjang. Mulanya saya hanya takut dengan kenangannya saja, tetapi ketakutan saya berkembang karena teman - teman yang menjadikan pobia saya ini bahan tertawaan. Sekarang saya sulit melawan pobia tersebut. 

3. Binatang mati


Cicak mati, ayam mati, kecoa mati dan binatang lain yang mati di depan mata saya, walaupun saya gak setakut melihat ular, tetapi saya takut untuk mendekatinya. Ketika ada binatang mati seperti cicak mati di kosan, maka akan saya panggil teman saya untuk membuangnya. Saya juga mampu membuang bangkai itu sendiri namun setelah itu saya bisa geli merinding sampai pucat.

----------------------------------------------------------------------

Itu dia tiga hal yang saya takutkan. Saya gak takut dengan kegelapan bahkan saya suka kegelapan, saya gak takut dengan penjahat bahkan saya berencana melawan jika ditodong, saya gak takut ketinggian, saya gak takut hewan buas (selama hewan tersebut masih hidup), tetapi yang namanya manusia saya pun gak sempurna. Ketakutan akan beberapa hal yang saya miliki juga gak saya inginkan ada dalam diri saya. Tetapi saya bukan membiarkannya begitu saja, saya juga berusaha melawan.

Maaf kalau tulisan saya kali ini membosankan, karena saya gak lagi melucu tentang ketakutan yang saya alami. karena ketakutan yang dialami seseorang itu gak lucu! seharusnya jika seseorang takut akan sesuatu maka kita harus membantunya melawan ketakutannya.


Artike ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : My Views on Politic

Sunday, November 17, 2013

Day 5: My views on Politic | 30 Days Blog Challenge



Ini udah nyampe di hari ke lima dan saya pengen nulis sesuatu  yang berat  - berat. Politik!

Politik adalah cara atau kebijakan.

Saya adalah orang yang berada di lingkungan manusia primitif  di mana mereka masih menganggap politik adalah sampah, politik adalah kotor. Nih ya gue kasih tau, politik itu seperti yang udah gue bilang tadi, politik adalah cara. Mau caranya curang atau bersih itu tergantung, politik gak harus selalu bersih dan juga gak selalu kotor. Bahkan amandemen ke 13 yang diperjuangkan Presiden Amerika Abraham Lincoln yang telah menghapuskan sistem perbudakan di Amerika didapat dari politik curang. Coba kalau Presiden Lincoln tidak bermain curang dalam memperoleh suara untuk amandemennya tidak mungkin sekarang kulit hitam bisa jalan bebas tanpa dirantai.

See? Politik telah merubah sejarah tentang kesetaraan manusia dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Dari contoh politik curang yang membawa kebaikan tadi, yaitu amandemen ke 13 tentang penghapusan sistem perbudakan, saya berpendapat bahwa politik curang yang dilakukan Presiden Lincoln bertujuan untuk melawan politik yang lebih curang yang dilakukan partai oposisinya untuk menolak amandemen dengan cara membeli suara (penyuapan).

Kala itu cara curang yang ditempuh Presiden Lincoln adalah menulis surat pernyataan palsu yang membuat sidang voting yang hampir tertunda akhirnya tetap berjalan. Alhasil lebih dari 50 persen suara menyetujui amandemen. Jika Lincoln tidak memalsukan pernyataan maka sidang voting akan tertunda dan bisa saja partai oposisi memiliki tambahan waktu untuk membeli suara  lebih banyak. Kemudian sejarah tidak akan berubah di mana perbudakan akan tetap ada.

Saya si bukan kuliah jurusan ilmu politik atau hukum atau sejarah. Saya hanya calon akuntan (amin). Tetapi saya tertarik dengan dunia politik sejak saya berada di bangku SMA kelas 2.

Ketika itu saya sedang berada di kelas dan duduk di sebuah kursi sembari memandang sinar mentari… (asek…) saya duduk sambil memikirkan politik. Di pikiran saya saat itu adalah sebuah pertanyaan tentang apa jadinya sebuah negara jika masyarakatnya membenci politik.

Seperti saya bilang tadi sejak SMA saya berada di lingkungan manusia primitif yang menolak politik. Sebagian besar remaja Indonesia tidak suka politik dengan alasan karena politik itu curang dan kotor. Kenapa mereka yang mengaku idealis itu tidak terjun saja ke dunia politik dan membuat perubahan sehingga politik bisa lebih baik? Saya tahu mengapa mereka yang idealis tidak ingin terjun ke politik karena mereka takut terkena arus sehingga mereka nantinya juga akan mengikuti cara kotor dunia politik.

Oleh karena pemikiran remaja yang demikian ini mengakibatkan Indonesia kekurangan sosok politikus yang idealis. Mereka yang idealis cenderung menghindari politik walaupun tidak semua. Coba saja jika seluruh orang yang "lurus" itu masuk ke dunia politik, maka mungkin politik di Indonesia tidak sekotor ini sampai korupsi di mana - mana. Paling tidak cara curang dalam berpolitiknya tidak kotor dan akan tetap membawa kebaikan.

Saya pun juga tidak suka dengan adanya politik kotor semacam praktek korupsi. Yang saya maksud dengan cara curang yang tidak kotor adalah cara tersebut bisa dibilang curang tetapi hasil yang didapat  akan tetap membawa kebaikan. Selama cara tersebut tidak melanggar undang - undang maka sah - sah saja dilakukan. Cara curang yang saya maksud adalah seperti kebohongan publik dan lainnya. Pada dasarnya kebohongan publik sama halnya dengan orang tua kita yang berbohong demi kebaikan kita. Tentunya jika memang kebohongan itu benar untuk kebaikan.

Cara berpolitik seperti penyuapan, korupsi, kolusi dan nepotisme sudah seharusnya diberantas. Seharusnya inilah tugas kita sebagai pemuda Indonesia untuk memerangi kejahatan yang telah merasuki dunia politik Indonesia. Dan bukan malah tak acuh dengan permasalahan tersebut. Menghindari Ini sama saja dengan menghindari peperangan yang ada di depan mata. Kalau kata iklan "gak laki"…!

Nabi Muhammad, Nabi saya, beliau juga berpolitik. Bahkan karena berpolitiklah maka beliau bisa menyebarkan islam. Tetapi apakah cara yang ditempuh Nabi Muhammad juga curang? Saya rasa tidak, karena sudah menjadi sifat nabi jika mereka jujur dan amanah. Mereka seorang nabi tidak akan berbohong dan selalu menggunakan cara jujur.

Tetapi manusia dengan tingkat kejujuran seperti Nabi Muhammad tidak mungkin ditemukan di Indonesia, kan?

Jika orang Indonesia menginginkan politik yang jujur sudah pasti mustahil, karena nabi terakhir yang ada di dunia ini yang mampu jujur dalam segala hal sudah tidak ada lagi. Manusia biasa yang tidak sempurna seperti kita pasti memiliki kesalahan. Maka begitu juga dengan sistem yang dibuat oleh manusia itu, tidak akan bisa sempurna.

Jadi mari anak - anak, ambil sisi baik dari cerita sotoy gue ini. Jika ada kesalahan dalam penyampaian saya mohon maaf. Jika ingin memberi kritik dan sanggahan tolong sampaikan dengan baik. Saya juga manusia yang tidak sempurna, kesempurnaan hanya milik Allah SWT. 

Artike ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : My Favorite Movie Directors


Saturday, November 16, 2013

Day 4: My Favorite Movie Directors | 30 Days Blog Challenge


I wrote my last post and promoted it about a day without a rest and I'm dying now. But I promised to my blog and to myself that I will finish this challenge, and here I am. Walaupun bolong sehari tapi tetep jumlah postnya akan berjumlah 30 sampai pada hari ke 30. Amin. hehe

Yang membuat sebuah film luarbiasa adalah sutradaranya. Pemain, penulis naskah, visual efek supervisor bahkan komposer musik semuanya mengikuti intruksi sang sutradara. Walaupun ada dari beberapa film pihak selain sutradara ikut membuat film menjadi luarbiasa, namun kebanyakan film tergantung dari arahan sutradara.

Saya pernah menonton film berjudul "2012" dengan visual efek yang luar biasa tetapi karena sutradara kurang bisa mengarahkan filmnya dengan baik, akhirnya saya sendiri tidak puas. Ending filmnya aneh. Bahkan film "2012" yang awalnya bergenre action dan disaster movie tersebut berubah bergenre comedy. Memang benar bahwa film tersebut gagal sebagai film action dan disaster karena ide ceritanya menggelikan yaitu tentang kiamat 2012 yang terbukti tidak terjadi.

Saya pun masih geli jika melihat lagi filmnya.

Dari sekian banyak film yang sudah pernah saya tonton, saya akan membuat daftar sutradara favorit versi saya sendiri. Ini dia daftarnya:


1 Christopher Nolan




Memento, Insomia, Batman Begins, The Prestige, The Dark Knight, Inception, The Dark Knight Rises
Interstellar (producing) 
 
Dua belas tahun terakhir ini christopher Nolan membawakan 7 filmnya masuk ke dalam daftar top 250 IMDb (internet movie database). Sutradara yang terkenal dengan gaya twist story dan scientific ini memang cerdas dalam mengarahkan film menjadi nikmat untuk diikuti. Semua filmnya memiliki cerita yang padat dan memiliki ending yang kuat.

Christopher Nolan memiliki kemampuan membuat film aksi tidak sekedar tembak - menembak atau pukul - memukul tetapi juga membuat film aksi tersebut memiliki kekuatan emosional yang kuat. Nolan mampu menyisipkan kisah yang dramatis di setiap filmnya. Penonton tidak hanya dibuat menikmati ceritanya  yang padat tetapi juga bisa mengeluarkan segala jenis perasaannya.

Yang paling membuat saya suka film Nolan adalah cara Nolan mengarahkan ending beberapa filmnya yang memiliki rasa dramatis. Film tersebut seperti Memento (2000), Insomnia (2002), The Prestige (2006), The Dark Knight (2008), Inception (2010) dan filmnya yang terakhir yang sekaligus mengakhiri batman trilogy yaitu The Dark Knight Rises (2012). Film yang baru saja saya sebutkan adalah film dengan ending dramatis dan beberapa di antaranya seperti The Prestige, Inception dan The Dark Knight Rises memiliki Ending yang membuat penonton berpikir.

Film - film karya Nolan memang layak berada di top 250 IMDb. Apalagi dengan The Dark Knight berada di posisi ke enam membuat saya menunggu-nunggu karya terbaru film dari Nolan. Hal ini membuat saya tidak sabar menunggu film karya Nolan terbaru yang akan dirilis tahun 2014 dengan judul Interstellar.

Film Interstellar ini akan bercerita tentang mesin waktu dan segala teori yang Einstein kemukakan. Filmnya saya rasa akan sangat menarik mengingat film science fiction terakhir Nolan yaitu Inception merupakan film favorit saya juga.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------


2 Steven Spielberg




Schindler's List, Saving Private Ryan, Catch Me If You Can, War Horse, Lincoln

Steven Spielberg telah mensutradarai jenis film hitam putih, perang, crime dll. Saya menyukai Steven karena hampir semua film yang Ia sutradarai dinominasikan sebagai film terbaik Oscar. Dari sekian banyak filmnya saya menyukai Schindler's List, Catch me if you can dan war horse. Saya menyukainya karena film - film tersebut memiliki sentuhan drama yang kuat.

----------------------------------------------------------------------------


3 Quentin Tarantino




Pulp Fiction, Kill Bill (volume 1 & 2), Inglourious Basterds, Django Unchained

Kalau sutradara satu ini memiliki ciri khas dalam penulisan naskah dan selalu menyisipkan adegan "mexican Standoff" dalam setiap filmnya. Mexican standoff adalah istilah untuk adegan todong menodong dengan pistol yang terdiri lebih dari 2 orang. Dialog dalam film - film karya Quentin Tarantino dipenuhi dengan perkataan kotor yang bahkan dalam salah satu filmnya berjudul Pulp Fiction penonton disuguhi perkataan "F*ck" yang disebutkan sebanyak lebih dari 100 kali.

Ketika menonton film - film karya Quentin Tarantino pasti ada pertumpahan darah. Film terakhirnya berjudul Django Unchained sukses membuat saya merinding melihat darah - darah yang tercecer ke dinding dan muncrat dari tubuh. Hampir semua filmnya disuguhi ketegangan dari mexican standoff, dialog dan aksi.

------------------------------------------------------------------------ 


4 Peter Jackson




The Lord of the Ring (trilogy), King Kong, District 9, The Hobbit 

Peter Jackson dengan visual efeknya membuat penonton menikmati keindahan alam dan makhluk aneh yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Selain dibantu dengan keindahan dari visual efek, keindahan dari cerita film - filmnya pun membuat saya tidak sabar menunggu karya Peter berikutnya.

-----------------------------------------------------------------


5 Martin Scorsese




Goodfellas, The Aviator, The Departed, Shutter Island, Hugo

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan dari seorang Martin Scorsese karena Ia tidak memiliki ciri khas tersendiri dalam mengarahkan sebuah film. Dari beberapa film yang sudah saya tonton di atas memiliki genre yang berbeda dan tipe cerita yang berbeda. Namun pada dasarnya adalah film karya Martin Scorsese mampu membawa penonton tidak pernah bosan dengan ceritanya.

-------------------------------------------------------------

Artike ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : 5 People who inspires me

Thursday, November 14, 2013

Day 3: 5 People Who Inspires Me | 30 Days Blog Challenge



Tuhan telah menciptakan manusia dengan berbeda usia dan berbeda kepribadian. Perbedaan ini seharusnya dimanfaatkan kita untuk mengambil sisi positif dari orang lain yang tidak kita miliki. Bahkan sisi negatif atau kesalahan orang lain yang telah mereka perbuat juga dapat menjadi pelajaran untuk kita. Dengan mengambil hikmah dari orang lain yang lebih berpengalaman dan lebih lama menjalani hidup maka kesempatan kita untuk menggapai kesuksesan akan semakin cepat.

Bicara tentang orang yang menginspirasi saya, saya memiliki pandangan bahwa inspirasi tidak harus diambil dari keberhasilan seseorang tetapi juga kegagalannya. Menurut saya mengambil hikmah dari kegagalan justru lebih besar dampaknya dari mengambil hikmah keberhasilan orang lain. Semakin banyak tahu tentang keberhasilan, bisa saja kita akan semakin buta dengan apa itu kegagalan. Sebaliknya dengan tahu banyak tentang kegagalan, maka kita bisa menghindarinya dan terus melangkah mencapai keberhasilan.

Ini diibaratkan dengan melangkah di tengah ladang ranjau untuk mencapai garis aman. Semakin kita terfokus pada garis aman dan melupakan resiko adanya ranjau , maka hanya tinggal tunggu waktu sebelum diledakkan oleh ranjau. Tetapi ketika letak ranjau sudah kita ketahui, maka kita hanya perlu menghindarinya selagi terus berjalan ke depan untuk mencapai tujuan. Yah, tentu saja ini opini saya dan belum tentu benar di mana orang lain. ^_^

Sebelum langsung ke topik, saya ingin memberitahu kalian semua bahwa saya sedang mengikuti lomba menulis inspiratif yang diadakan inspirasi.co. Ini juga merupakan artikel inspiratif level sotoy pertama saya yang dilombakan. Bagi yang berkenan memberikan dukungan kepada saya supaya saya menang, kalian bisa mengunjungi http://inspirasi.co/forum/post/136/motivasi_itu_sederhana dan memberikan komentar kalian. Dengan mengunjungi linknya saja sudah sangat menolong dan segala bentuk dukungan yang kalian berikan akan saya hargai. ^_^

Selanjutnya, saya akan menyebutkan satu persatu beberapa tokoh yang menginspirasi saya. Langsung saja, cek ini di luar... (cek this out)

*urutan tidak menunjukkan prioritas*



1. Steve Jobs

Walaupun terkenal gak konsisten dan tempramen, saya tetap terinspirasi dari gaya Steve Jobs sebagai seorang CEO perusahaan sebesar Apple Inc. Steve Jobs sempat dicopot dari jabatannya sebagai kepala divisi Macintosh karena membuat salah satu produk Apple itu mengalami penurunan penjualan. Namun, Steve Jobs masih punya ambisi untuk memperbaiki kesalahannya dan dengan perjuangan Ia mendapatkan posisi CEO.

Macintosh adalah komputer kecil pertama yang sukses dan ditemukan oleh Steve Jobs dan beberapa rekannya. Fitur awal dari Macintosh mulanya dikritik habis - habisan oleh pengamat karena terkesan pemborosan uang hanya untuk sebuah komputer. Macintosh berisi driver dari segala hardware mulai dari 1000 driver printer sampai handycam. Konsumen pun mempertanyakan inovasi tersebut yang terkesan pemborosan, karena tidak mungkin seorang konsumen membutuhkan driver sebanyak itu. Walaupun dibutuhkan, pastinya konsumen lebih memilih untuk menginstal sendiri sesuai kebutuhan.

Fitur - fitur yang tidak perlu juga banyak. Namun, Steve tetap mempertahankannya dengan alasan bahwa setiap konsumen berhak atas produk yang memuaskan dan maksimal. Steve berfikiran bahwa konsumen sekarang ini tidak hanya membutuhkan barang yang ekonomis melainkan produk dengan inovasi tinggi.

Ide Steve ini dikembangkan dengan pembuatan iPod. Mulanya produk ini pun menuai kritik  karena dinilai tidak efisien jika produk pemutar mp3 dijual dengan harga yang terlampau tinggi. Namun, berkat perkembangan gaya hidup iPod menjadi tren kala itu. Produk yang menuai kritik ini malah meledak di pasaran. Konsumen menyukai ide sebuah pemutar mp3 elegan dengan headphone berwarna putih dan terkesan stylish.

Steve Jobs bisa melihat peluang dari berkembangnya kebutuhan konsumen dan memanfaatkannya dengan sangat baik. Kelak saya ingin menjadi businessman yang bisa melihat peluang ini seperti Steve Jobs.

Steve's Quote:
"have the courage to follow your heart and intuition. They somehow already know what you truly want to become"
---------------------------------------------------------------------------------

2. Ibu

Yang paling menginspirasi kehidupan saya adalah ibu saya. Beliau adalah sosok ibu yang kuat. Beliau bisa merangkap menjadi seorang ayah ketika ayah saya telah tiada. Beliau bisa menempatkan posisinya dengan baik menyesuaikan kebutuhan saya. Beliau bisa menjadi ibu, bisa menjadi hakim, bisa menjadi guru, bisa menjadi ayah, bisa menjadi teman dan lainnya.

Dari sosok ibu seperti ibu saya, saya selalu menginginkan pasangan hidup seperti beliau. Saya ingin kelak saya juga memiliki istri seperti ibu saya yang cantik dan kuat. Ibu saya adalah sosok yang sempurna buat saya. Saya sangat beruntung memiliki ibu seperti beliau. 

Yang paling menginspirasi saya adalah kekuatan bilau. Saya selalu termotivasi untuk bisa lebih kuat dari ibu saya sehingga saya sebagai lelaki tidak dikalahkan oleh seorang wanita.

My mom's Quote:
"Mandi! jangan malem - malem kalo mandi!"
------------------------------------------------------------------------------

3. Nabi Muhammad SAW

Kalo yang satu ini gak perlu ditanya lagi dan gak perlu lagi saya jelasin panjang lebar cerita Nabi ini menginspirasi saya. Dari kehidupan sehari - hari aja, ketika solat udah otomatis ngikuti beliau, dari bangun tidur sampai tidur lagi, cara beliau makan sampai keluar masuk kamar mandi pun ngikuti beliau. Kurang terinspirasi gimana coba?

Saya si percaya bahwa semua yang beliau lakukan ada kebaikannya. banyak yang telah terbukti dari cara nabi Muhammad melakukan sesuatu bisa membawa kebaikan. Saya pun masih mempraktikkan cara tidur beliau, karena saya ketagihan dengan posisi tidur beliau benar - benar nyaman dan terbukti sehat.

Nabi Muhammad's Quote:
"Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal darah, apabila dia baik maka baiklah seluruh tubuhnya, dan apabila dia rusak, maka rusaklah seluruh tubuhnya.
ketahuilah bahwa segumpal darah itu adalah Hati"
-------------------------------------------------------------------------------------------------------

4. Charlie McDonnel

Charlie is a professional internet human.
tagline dari semua akun virtualnya menyebutkan kalau charlie adalah "professional internet human" dan saya mengakui kalau charlie memang profesional.

Charlie mulanya adalah seorang video blogger di youtube yang hanya mengupload video dirinya di kamarnya. Videonya hanya berisi bualannya yang kadang penting, lucu dan kadang tidak penting. Tetapi hanya dengan mengupload video di kamar saja charlie sekarang menjadi video blogger dengan jumlah pelanggan 2 juta lebih.

Selain video blogger ternyata Charlie juga memiliki blog seperti saya ini dan konten - konten miliknya sangat menginspirasi saya untuk terus menulis dan membuat video. Charlie menunjukkan bahwa hanya dengan menulis dan membuat video tentang kehidupan sehari - harinya bisa menginspirasi dan menghibur orang banyak.

Yang paling menginspirasi di antara konten - konten miliknya adalah video lagu ciptaannya sendiri. Suatu saat saya juga punya keinginan membuat lagu sendiri dan dikemas seperti milik Charlie. Namun, saya juga tidak akan menyontek semua idenya, saya hanya perlu menambahkan ke-khas-an milik saya sendiri.

cek channel youtube Charlie di sini

Charlie's Quote:
"I'm a Professional Internet Human"
----------------------------------------------------------------

5. DC Julian

DC Julian adalah seorang penulis dan juga teman saya sejak kecil. Saya sebagai temannya telah mengikuti perjalanan hidupnya dari Ia masih bocah ingusan sampai menjadi seorang penulis sekarang ini. Sebelumnya saya pernah menulis artikel tentang buku pertamanya di sini dan dalam buku itu saya mengambil bagian sebagai ilustrator dan model sampul buku. (eheh)

Julian mengajarkan kekuatan spiritual kepada saya bahwa segala impian pasti bisa didapat jika dibarengi dengan doa. Julian adalah manifestasi keuletan, pantang menyerah dan ketulusan. Saya sebagai teman sudah bosan memang dibuat jengkel oleh sisi buruknya, tapi yang namanya manusia pasti punya sifat buruk. Walaupun begitu saya tetap mengaguminya karena semua hal yang menjengkelkan tentangnya tertutupi oleh kebaikan yang Ia tabur.

Yup, Julian bukan hanya gemar menebar kentut saja ternyata. akakak!

Julian's Quote:
"maaf adalah pilihan terbaik, kadang, dan sering kadangnya..."
============================================

Artike ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : 5 Places I'd Like to Visit

Wednesday, November 13, 2013

DAY 2: 5 Places I'd like to visit | 30 Days Blog Challenge

Hari ini habis-habisan bertarung sama tulisan! Mulai dari bangun tidur tadi saya ngetik tugas kuliah. Setelah setengah kelar, saya lanjutkan dengan nulis artikel di Inspirasi.co tentang motivasi gitu. Saya nulis untuk berpartisipasi lomba nulis inspiratif yang diadakan inspirasi.co. Setelah menghabiskan waktu 5 jam nulis tanpa henti saya lanjutkan untuk lanjut menulis di blog karena tuntutan 30 Days Blog Challenge. Hari ini luar biasa! Untung hari ini gak ada dosen pula \^_^/

oh iya, saya sekalian minta bantuan kalian semua untuk mengomentari artikel yang saya perlombakan di sini. Yah, paling gak diklik aja link nya ya biar saya dapetin kategori share terbanyak di social media. pokoknya bantuan kalian dalam bentuk apapun akan saya apresiasi :D

Di hari kedua tantangan 30 hari ngeblog ini saya akan bahas satu persatu tempat yang pengen saya kunjungi. Jadi inget sewaktu kecil saya selalu ingin keliling dunia. Saya tidak ingin semasa saya hidup kelak saya tidak pernah menikmati sekalipun melihat seisi dunia. Saya ingin bermain bola di salju, saya ingin memanjat menara pisa, saya ingin berlari mengelilingi piramid dan saya masih ingat betapa saya menginginkan melakukan itu semua.

Nah, langsung aja ini dia beberapa tempat yang ingin saya kunjungi:


1. Masjidil Haram


Saya punya keinginan untuk kelak bawa orang tua saya ke Masjidih Haram dalam rangka Ibadah Haji. Saya punya angan - angan pengen orang tua saya melakukan perjalanan ibadah haji ketika umur mereka tidak terlalu tua agar mereka masih kuat menjalani proses ibadah di sana. Dengan begitu saya akan termotivasi untuk bisa sukses semuda mungkin, mengumpulkan biaya keberangkatan mereka kesana secepat mungkin. Kalau perlu saya juga ingin menemani mereka ke sana. 

Saya hampir menangis menulis paragraf di atas.


2. Ginza


Kalau dihadiahi paket liburan gratis dan disuruh memilih antara Akihabara dan Ginza, maka saya memilih Ginza. ya, kayanya si saya juga gak punya niatan pergi ke sana memakai uang sendiri. Seperti saya bilang, seandainya jika dihadiahi paket liburan atau kunjungan kerja gratis maka barulah saya akan menyempatkan diri ke Ginza. ^_^

Tadinya sih saya lebih menyukai kawasan Akihabara dibanding Ginza karena Akihabara terkenal dengan surganya Otaku. Kalau ingin mencari action figure atau maidcafe maka Akihabara lah surganya. Tapi Ginza ternyata distrik perbelanjaan yang selain mewah tapi juga lengkap.


Yang paling saya suka dari kota besar di negara maju adalah pemikiran efisiensi penduduknya yang lebih menyukai jalan kaki dan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi.


3. SEMERU


Sebenernya si saya gak terlalu minat sama naik gunung atau kegiatan jelajah alam lainnya. Tapi gara - gara nonton film 5 cm saya baru sadar, ternyata ada tempat seindah Semeru di Indonesia. Seolah, jika saya belum pernah ke puncaknya maka saya gagal sebagai orang Indonesia.

Lagipula saya juga iri ngeliat temen - temen udah pada ke sana, ada beberapa yang baru punya planning. Jadi, rencananya liburan semester ini atau depan saya bakalan naklukin Semeru!

Semeru I'm coming!


4. Wall Street


Wall street sebetulnya adalah nama jalan di kota Manhattan di New York. Di daerah Wall street tersebut terdapat pusat distrik keuangan Amerika atau disebut juga New York Stock Exchange yang merupakan salah satu bursa saham terbesar di dunia. NYSE lebih sering disebut dengan Wall Street sehingga Wall street menjadi istilah penting yang digunakan untuk menunjukkan pusat finansial paling berpengaruh di Amerika tersebut.

Sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi saya penasaran ingin tahu dan melihat langsung suasana wall street dan masuk ke gedung NYSE. Selama ini saya hanya menggunakan platform Meta Trader untuk sarana Trading dalam bursa Forex. Tetapi suatu saat saya berkeinginan terlibat langsung di dalam gedung NYSE dan merasakan menjadi seorang kaum kapitalis. ^_^


5. Pont des Arts, Paris



Ini adalah salah satu tempat dari 10 tempat di dunia yang sakral bagi pasangan yang sedang memiliki hubungan spesial. Di tempat inilah dua insan saling mencintai bisa menggembok ikatannya di sebuah jembatan dan membuang kunci dari gembok tersebut untuk melambangkan keabadian hubungan yang akan mereka jalankan.

Sangat gak rasional menurut saya jika hanya dengan menuliskan nama kita dengan pasangan di gembok dan menggemboknya di pinggir jembatan akan membuat hubungan menjadi langgeng dan kuat sekuat gembok yang terkunci. Menurut saya cinta itu emang lebay dan norak. Dari beberapa film yang udah pernah saya tonton, cerita cinta paling norak lah yang paling disukai sama fansnya.

Jadi, dengan melakukan penggembokan di tempat ini, secara psikologis akan menguatkan ikatan cinta bagi kedua insan. Saya juga tidak mempercayai mitos - mitos yang bertentangan dengan keyakinan saya. Namun, ini menurut saya sama halnya dengan mengukir nama di sebuah cincin. Pada dasarnya sah sah saja dilakukan, selama tidak mempercayai hal yang tidak perlu.

Nah dari 10 tempat "menggembok" di dunia saya memilih Pont des Arts di Paris karena ada beberapa film yang mengambil tempat di sana salah satunya "Now You See Me". Selain itu bagi saya Paris sudah terkenal dengan kota yang romantis yang tepat untuk mengukir kenangan bersama dengan pasangan.

-------------------------------------------------------------

Oke, itu aja yang bisa saya sebutkan, sebenernya si masih banyak tempat lain yang masih saya ingin kunjungi namun saya telah lelah menulis! Jika menulis menjadi beban, maka saya akan kehilangan hobi saya. Jadi saya kira cukup tulisannya sampe di sini dan sampai bertemu di hari ketiga dan hari - hari selanjutnya sampai hari ketigapuluh nanti.


Artikel kali ini adalah bagian dari tantangan 30 hari ngeblog

baca artikel sebelumnya : My Current Relationship

Tuesday, November 12, 2013

DAY 1: My Current Relationship | 30 Days Blog Challenge

Berhari - hari setelah blog ini ganti layout, saya masih belum menemukan alasan untuk kembali lagi nulis di blog. Rasanya susah untuk nulis lagi walau untuk sekata. Bahkan paragraf pertama ini kudu dipikirin berjam-jam baru jadi paragraf! Kira - kira Seperti itulebainya.

Berhari - hari pula saya searching tentang lomba penulisan blog atau apapun itu yang bisa bikin saya "kepaksa" nulis dan bisa lagi menuh-menuhin jumlah postingan di blog. Pencarian tersebut mengantarkan saya kepada sebuah artikel impulsif dari EAVESDROP ON ME tentang tantangan 30 Hari nulis di blog yang menurut saya cocok untuk "maksa" saya nulis.

Begitu baca, saya langsung suka sama idenya dan berniat ikutan. Dengan ikut tantangan ini saya akan menulis 1 tema tulisan di setiap harinya sampai akhir Desember yang total temanya berjumlah 30 tema berbeda. Untuk 30 tema tersebut saya akan nyontek dikit dari Eavedrop yang kiranya penting, ehe, dan sisanya saya akan bikin sendiri listnya yang menurut saya cocok dan sesuai sama blog ini. (yang sebenernya Blog ini random gak ada tema #lol)

Oiya, temen blogger sekalian juga boleh kok ikutan challenge nya. silakan saja kalau mau ikutan ;) 

AND CHALLENGE ACCEPTED!

Dengan ini, saya menerima tantangannya!

#hahahahahaha!! #evillaugh!!


And for the first day of the challenge I will expose my Current Relationship through social media
Hell yeah!

DAY 1: My Current Relationship



Kabar buruk buat ortu, saya masih single. Dan kabar baik buat para wanita (uhuk) saya masih single. ehe,

Saya si serba salah kalo ngomongin status asmara saya di mana orang tua secara gak langsung sering jodoh - jodohin saya sama anak orang lain.

ibu : di, adi kenal anak temennya ibu yang namanya si Putri (nama samaran) gak?

Saya : enggak. emang ngapa?

ibu : dia juga di unila kuliahnya kalo gak salah ngambil Pendidikan. anaknya cantik kemarin ibu ketemu di pasar dianya lagi nganterin ibunya belanja. jarang lho ada anak yang mau nganterin ibunya belanja. boro boro nganterin,
anak jaman sekarang tu gak bisa nyenengin orang tuanya sama sekali
bahkan gak ngerti apa yang orang tua mau
padahal yang orang tua mau untuk anaknya juga untuk kebaikannya
(masih panjang si sebenernya)

secara gak langsung ibu saya meremehkan kemampuan saya nyari cenel sendiri. Seolah saya butuh banget tu orang tua terlibat langsung untuk nyariin jodoh buat saya. Bahkan kasus percakapan seperti ini selalu saya alami ketika pulang kerumah seminggu sekali dan ibu selalu gak kehabisan stok anak temennya yang secara gak langsung dijodohin sama saya itu. Dan itu sakiiiiiiiiit rasanya!

Parahnya lagi, cenel yang dicariin ibu selalu bukan barang bagus. ini yang lebih nyakitin lagi. seolah ibu nyariin saya seadanya yang dia temuin seolah saya emang bener - bener buntu nyari pacar sendiri. kalo udah gini kejantanan saya diuji.

Saya gak menyalahkan orang tua apalagi benci sama ibu sendiri bahkan sebaliknya saya sayang sama ibu saya dan pengen ngasih dia calon menantu yang baik. Tapi itu kan masih lama! Apa mungkin ini semua karena ibu saya takut kalau saya homo? saya rasa orang tua gak setega temen-temen saya yang lain. Saya hanya pengen nikmati masa muda tanpa pacar. Saya lagi pengen terbang bebas tanpa batas mengejar asa nan jauh di sana. sedap!...

Tapi di sisi lain saya juga sadar, saya udah terlalu lama terbang. Beberapa keinginan saya juga udah tercapai satu persatu. Terkadang saya juga pengen ada sosok wanita yang mengakui semua pencapaian saya selama ini. Sosok wanita yang mengakui semua kerja keras saya selama ini yang bukan teman atau sahabat tapi sosok yang lebih spesial.

Terakhir putus juga udah lama banget. Saya sekarang jadi punya keinginan untuk move on. Tetapi tetep, saya juga masih pengen mengejar impian dan konsentrasi sama kuliah. Saya juga gak pengen dalam perjalanan saya meniti karir dan impian saya dibebankan oleh suatu hubungan semu yang menjanjikan kebahagiaan padahal enggak sama sekali!

Jadi, saya memilih untuk menyerahkan semuanya sama Allah. Jika Allah memang menghendaki datangnya malaikat pemikat hati saya, saya akan belajar menerimanya dan membagi hidup antara impian dan dirinya. Tetapi jika Allah masih menganggap saya belum mampu, maka saya masih sanggup untuk menjadi Aziz yang bebas, Aziz yang impian adalah nomer satu baginya.

Thursday, November 7, 2013

Film Dengan Tokoh Utama Berwatak Jahat (kriminal)

Udah saya temukan alasan untuk kembali ngeblog lagi setelah hampir setengah tahun gak pernah nulis, tapi tetep aja setiap pengen nulis malah bingung apa yang mau ditulis. Saya jadi takut kalau otak ini udah mulai tumpul gak kaya dulu lagi. 

Dulu sewaktu baru - barunya punya blog dan masih semangat nulis, sehari bisa dapet 5 artikel untuk diposting. Tapi biasanya kalau saya dapet banyak artikel dalam sehari, maka akan saya posting berkala gak sekaligus. Nah giliran sekarang, satupun artikel untuk sehari aja susah. Mungkin emang bener kalo otak udah tumpul gak lagi kreatif kaya dulu.

Jadi, untuk balikin kreatifitas, saya harus mulai nulis info - info biasa dulu. Yah, walaupun bukan ciri khas blog ini untuk menyampaikan info seperti blog lainnya, tapi karena ini demi mengembalikan mood jadi saya lakuin.

Kali ini saya mau mereview beberapa film yang menurut saya unik. Keunikan filmnya terdapat pada penokohan tokoh utama yang memiliki watak jahat, ya walaupun kejahatan yang Ia lakukan adalah semata - mata untuk tujuan yang baik.

Film dengan  tokoh utama baik, cengeng, heroik, keren, itu udah biasa. Tapi kalo tokoh utamanya jahat dan antagonisnya malah baik, baru seru! Film jenis ini bikin penonton gak melulu dijejali rasa yang sama.

Nah, langsung aja cek beberapa film dengan tokoh utama berwatak jahat versi Ancient Manuscript


THE GOD FATHER

http://entrepreneurialambitions.files.wordpress.com/2012/03/godfather.jpg

Ini baru yang namanya film sepanjang masa. Pertama kali nonton The God Father ketika saya kelas 1 SMA dan di durasi 10menitan langsung nyerah. Gak mudeng sama ceritanya. Udah filmnya tahun 1972 dan gambarnya gak begitu bagus, ceritanya pun susah dicerna.

Awal semester 3 Kuliah saya coba nonton lagi The God Father. Durasi filmnya sekitar 3jam dan setelah selesai nonton, efek kagumnya bisa berminggu-minggu. Ceritanya emang susah dipahami, semuanya serba tersirat dan harus paham betul budaya luar. Tapi kalo paham sama ceritanya, pasti bisa menikmati filmnya.

Film ini intinya bercerita tentang keluarga mafia yang menjalankan bisnis keluarganya dengan metode kriminalitas. Keluarga mafia tersebut adalah para imigran itali di Amerika. Intrik - intrik persaingan antar keluarga mafia juga menambah kenikmatan ceritanya. God Father atau ayah baptis adalah jabatan atau gelar yang sakral untuk orang Italia. God Father akan sangat dihormati bagi sesama Italian tidak terkecuali untuk orang yang lebih tua.

Tokoh utama dalam film ini adalah si God Father yang bernama Vito Corlione dan Michael Corione. Kedua tokoh tersebut adalah tokoh God Father yang menjalankan urusan bisnis keluarganya dengan cara kotor seperti mengancam, menyuap orang, bahkan membunuh (dengan perantara anak buah). Cara kotor yang mereka lakukan sangat jahat dan keji namun semua dilakukan itu semata - mata untuk melindungi keluarga, menjalankan bisnis keluarga dan menjaga harga diri keluarga.


MEMENTO


Memento adalah film bikin pusing yang alur ceritanya campur antara mundur dan maju yang ujungnya ketemu di tengah - tengah. Mudeng gak maksudnya? saya si enggak!

Memento disutradarai oleh sutradara favorit saya Christopher Nolan yang sebagian besar filmnya memiliki cerita yang rumit yang susah dipahami. Dalam film Memento ini Crhistopher Nolan seperti mempermainkan penonton dengan alur cerita, cerita dan bahkan penokohannya.

Tokoh utama dalam film ini yaitu Leonard memiliki penyakit gangguan ingatan sehingga Ia tidak bisa menciptakan ingatan baru. Leonard kehilangan kemampuannya untuk menciptakan ingatan jangka pendek dikarenakan musibah yang menimpanya ketika hendak menyelamatkan istrinya dari pemerkosaan.

Mulanya Leonard diceritakan berniat mencari pelaku pembunuh istrinya dan berniat membalaskan dendamnya. Leonard dibantu puzzle berupa petunjuk ciri - ciri pelaku yang ditato di seluruh tubuhnya yang Ia tulis sendiri. Leonard melakukannya karena penyakitnya yang membuatnya tidak bisa mengingat ciri - ciri pelaku.Hanya dengan bantuan puzzle tersebutlah Leonard berharap bisa membalaskan dendamnya dengan membunuh si pelaku.

Namun, pada akhirnya (spoiler alert) ternyata pelaku pembunuhan istri Leonard yaitu John G. telah dibunuh oleh Leonard dengan dibantu oleh rekannya Teddy yang pada kenyataannya Leonard telah membunuh dua John G. Satu adalah pelaku pemerkosaan dan satu lagi adalah pengedar narkoba. Tidak hanya sampai situ kerumitan ceritanya, rupanya Leonard juga membunuh John G. ketiga yaitu rekannya sendiri Teddy.

Bingung bukan?

Sama! saya juga gak ngerti nulis apa! soalnya emang cerita dari filmnya sendiri juga gajelas. Jadi ini adalah interpretasi saya sendiri tentang filmnya. Benar atau salah saya serahkan pada Allah SWT. 

haha!

Kembali pada cerita yang masih membingungkan tadi, kenapa bisa Leonard membunuh 3 John G.? 

Seperti saya katakan, Leonard tidak bisa membuat ingatan baru. jadi, Ia tidak ingat bahwa Ia telah membunuh John G., dan terus mencari John G - John G yang lain untuk dibunuh. Bayangkan jika kebetulan ada 10 orang yang bernama John G. di dunia ini, maka hal ini akan memberikan Leonard 10 alasan untuk membunuhnya.

Kerumitan cerita belum selesai sampai di sini, ternyata Leonard telah mengarang identitasnya sendiri. Nama asli Leonard adalah Sammy Jankins dan Sammy Jankins (leonard) adalah orang yang sebenarnya membunuh istrinya sendiri.

Nah Lo!

Saya tidak tau pasti mengapa Sammy mengganti namanya menjadi Leonard. Tetapi saya punya asumsi bahwa Sammy begitu ketakutan ketika mengingat ternyata dirinyalah yang membunuh istrinya (yups, kali ini sammy dapat menciptakan ingatan) (emang membingungkan ceritanya), dan asumsi kedua saya adalah bahwa Sammy memiliki penyakit kepribadian ganda.

Mengetahui di akhir cerita bahwa Leonard sengaja menciptakan puzzle yang mengarah pada Pembunuhan Teddy (rekannya), maka saya menyimpulkan bahwa Leonard adalah orang jahat. He's the bad guy and also main carracter in this movie.

Yah, terlalu rumit saya menjelaskan, mungkin pembaca ada yang bisa bantu jelasin atau ada yang punya interpretasi lain untuk film ini silakan komentar di bawah artikel.


CATCH ME IF YOU CAN


Satu lagi film dengan tokoh utama jahat (kriminal) adalah Catch me if you can. Film ini menceritakan pengejaran seorang kriminal yang melakukan banyak sekali penipuan diantaranya memalsukan identitas digunakan untuk pencairan cek dan memperoleh pekerjaan, memalsukan cek, dan memalsukan riwayat pendidikan.

Tokoh utama yang diperankan Leonardo DiCaprio adalah seorang anak yang pintar melakukan penipuan dan pemalsuan dokumen.

dah gitu aja!

next >>


DEATH NOTE


Death Note adalah sebuah buku catatan milik dewa kematian (shinigami) yang sengaja dijatuhkan ke bumi karena pemiliknya yang sedang merasa bosan. Death note yang jatuh ke bumi ditemukan oleh seorang pelajar SMA bernama Light dan Ia memanfaatkan death note untuk memberantas kejahatan dengan caranya sendiri.

Siapapun namanya tertulis dalam buku death note maka akan mati. Kemampuan buku ini dimanfaatkan Light si tokoh utama untuk memberantas kejahatan dengan menuliskan nama - nama para kriminal seperti pembunuh, koruptor dll sehingga mereka mati. Light menganggap perbuatannya sebagai tindakan heroik dan mengatasnamakan keadilan.

Tapi Light memiliki musuh yaitu seorang detektif yang mencoba melacak kasus - kasus tewasnya para kriminal yang mati dikarenakan deathnote. Detektif tersebut bernama L (Ryuzaki) yang rupanya Ia adalah pemuda seumuran Light. Dan pertarungan antara Light dan L adalah pertarungan strategi dan pertarungan pikiran. Keduanya sama - sama memiliki strategi tersendiri untuk menang.

Saya sangat kagum dengan cerita film ini. Cerita bagaimana Light menutupi bahwa Ia pelakunya dan bagaimana L berusaha menemukan bukti bahwa Light adalah pelakunya. L sebenarnya sudah mengetahui bahwa dalang dibalik pembunuhan para kriminal adalah Light, namun L hanya perlu menemukan bukti yang kuat.

Light dengan pemikirannya membawanya pada cara yang salah dalam menegakkan keadilan. Ia berfikir bahwa dengan membunuh para kriminal, Ia telah berhasil menegakkan keadilan. Namun tindakannya berkembang ke arah perlindungan diri dengan membunuh beberapa agen FBI yang tidak bersalah hanya karena mereka mencoba menangkap Light. Tidak sampai di sini, Light pun berniat untuk membunuh ayahnya sendiri.


BREAKING BAD


Ini dia film dengan tokoh utama seorang kriminal yang paling saya favoritkan!

Ketika menulis artikel ini saya masih dalam proses menonton filmnya sampai episode 12 pada season 5. yups, Breaking Bad adalah TV series (macem sinetron gitu kalo di Indonesia) yang memiliki rating tertinggi di IMDb untuk kategory TV Series. Rating tertinggi artinya film ini gak bisa dianggap remeh. Dan saya sendiri bangga gak menyesal udah ngikutin ceritanya dari season 1 tahun, karena ceritanya yang unik dan setiap episode nya menegangkan.

Breaking bad terdiri dari 5 Season yang di setiap seasonnya saya bisa merasakan perbedaan genre yang dominan pada episodenya. Pada season pertama breaking bad saya selalu dibuat tertawa oleh ceritanya. walaupun adegan di film tegang atau ngeri, tetapi suasananya dibuat lucu dan menarik. Entah gimana bisa, pokoknya liat sendiri aja biar ngerti.

Season 2 breaking bad, saya sangka bakalan lucu seperti season pertama ternyata malah saya dibuat sedih. yups, saya gak nyangka ternyata ceritanya berubah jadi menyedihkan dan saya bisa dibuat menangis oleh adegannya apalagi akting aktornya yang luarbiasa bikin tambah sedih.

Setelah dibuat sakit perut ketawa ngeliat season 1 dan meneteskan air mata di season 2, di season 3 breaking bad saya dibuat tegang! Ceritanya berubah atmosfer. Udah seperti saya nonton film The God Father, Breaking Bad berubah menjadi film yang dipenuhi intrik. Tapi, bukan macem sinetron Indonesia yang you know lah! ya I love Indonesia, but I just try to be honest. what bad is bad. what good is good.

Season 4, suasananya bercampur baur, saya bisa tertawa, sedih dan tegang sekaligus. Dan untuk season terakhir yaitu season 5, well saya masih belum sampai akhir season yang berarti akhir filmnya juga, tetapi saya sudah memprediksi kalau endingnya akan menyedihkan. Mungkin kalau saya selesai menonton ini akan saya update artikelnya dan menceritakannya.

Overall, Breaking Bad is awesome. There's no such a good movie as good as it.

Ide ceritanya adalah menceritakan tokoh utama yaitu Walter White seorang guru kimia mencoba membuat Methamphetamine (semacam drugs) karena ingin mengumpulkan uang sebanyak - banyaknya sebelum Ia mati karena Kanker.

Walter White berubah menjadi seseorang yang jahat karena salah membuat keputusan. Ia membangun bisnis narkoba dan mulai menggunakan cara - cara mafia dalam menjalankan bisnisnya termasuk membunuh.

"breaking bad is the story of a guy that turn into a bad person because a bad decision"
-Bryan Cranstone- 

Nah, segini saja cerita kali ini. Sebenarnya masih banyak lagi film dengan Tokoh utama berwatak jahat (kriminal) namun saya hanya memposting yang menurut saya menarik untuk ditulis.

Dari beberapa film yang saya sampaikan di tulisan kali ini, mungkin ada kebaikan yang dapat diambil. Bahwa, seberapa pun baiknya niat kita untuk melakukan sesuatu, jika cara yang ditempuh adalah salah dan merugikan orang lain, maka otomatis kita termasuk orang yang jahat dan pantas mendapatkan hukuman atau karma.

Menurut saya orang jahat di dunia ini memang terlahir dari alasan baik tetapi caranya saja yang salah. Karena walaupun ada orang jahat dengan niat murni jahat seperti karaker "Joker" dalam film Batman, pasti orang tersebut sangat langka. Joker yang "want to watch the world burn"...? come on!

Karena semua manusia memiliki hati nurani yang sama dengan suara hati yang sama. Hati manusia sama - sama meneriakkan kebenaran dan kebaikan. Ketika seseorang hendak melakukan keburukan maka hati akan menolak. Siapapun yang peka terhadap suara hati maka mereka terhindar dari keburukan.

"Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal darah, apabila dia baik maka baiklah seluruh tubuhnya, dan apabila dia rusak, maka rusaklah seluruh tubuhnya.

ketahuilah bahwa segumpal darah itu adalah Hati"
-Al Hadits-


TamaT


Tuesday, November 5, 2013

Shadow clone jutsu

Here I am, surprisingly, Alive!

 Yup, sangat disayangkan rupanya pemilik blog ini, Aziz Adi Sasmita, masih hidup dan masih berniat melanjutkan kegiatannya di blog setelah sekian lama tidak pernah lagi mengurusi blognya sendiri yang akhirnya menurunkan jumlah pengunjung. beginilah yang namanya hobi, sekali dijalani maka akan sulit ditinggalkan. lagipula saya tidak akan bisa meninggalkan blog ini mengingat pembuatan blognya sendiri banyak mengorbankan banyak hal terutama waktu dan pikiran. blog ini sudah mengalami banyak perombakan template yang sangat menguras otak, dan sekembalinya saya di blog sekarang ini sekaligus akan memperkenalkan tampilan blog yang baru.
Maka dengan bangga saya ucapkan Selamat datang blog baru,,,,
dengan tampilan baru, tapi dengan konten lama

Sekembalinya saya di blog ini, saya akan memposting beberapa video yang menurut saya unik dan sekaligus mempertontonkan video paling aneh yang pernah saya buat.

yups, video yang paling aneh tersebut kebetulan punya saya sendiri yang saya bikin di pertengahan semester 2 kuliah saya. videonya sendiri terinspirasi dari banyak video di youtube yang nantinya saya tampilkan videonya satu persatu.

gak tau ngapa, walaupun pembuatan videonya memakan waktu lama dan menguras otak, tetapi saya tidak pernah mengeluh sama sekali. Justru sebaliknya, saya senang melakukannya. saya senang melakukan apapun yang berhubungan dengan hobi dan minat saya. dan yang lebih aneh lagi, walaupun hasilnya sangat buruk dan aneh seperti video saya ini, tetapi saya tetep aja merasa puas.

Inilah the power of "do what you love, love what you do". jika dirimu mencintai pekerjaanmu, maka yang dirasakan bukanlah beban melainkan tantangan. semakin berat pekerjaan kita, jika kita mencintainya maka akan semakin tertantang untuk menyelesaikannya. Semua prosesnya sama saja dengan bermain dan sangat mengasyikkan.

tidak banyak dari temen saya juga heran mengapa saya tidak menjadikan hobi saya ini untuk dijadikan pekerjaan. Banyak yang bertanya mengapa saya tidak mengambil jurusan desain grafis atau manajemen informatika atau musik malah mengambil jurusan akuntansi.

Jawaban saya sebenarnya gak rasional. Saya memilih mengambil jurusan akuntansi dan tidak memilih jurusan yang sesuai dengan minat & bakat saya karena saya ingin hobi saya tetaplah menjadi hobi. Hobi adalah hobi. Saya tidak ingin menjadikan hobi sebagai pekerjaan, karena setiap kali saya mengubah hobi saya menjadi pekerjaan maka saya lupa menjadi diri saya sendiri dan cenderung mengikuti tuntutan pekerjaan.

Dengan membiarkan hobi saya tetap menjadi hobi / bukan pekerjaan, maka ketika saya lelah akan pekerjaan saya kelak sebagai akuntan (amin) saya akan menghibur diri dengan mengerjakan hobi. Dengan begitu hobi saya akan tetap menjadi pelepas penak. Lagipula akuntansi maupun bidang bisnis adalah tujuan saya. saya ingin kelak menjadi pengusaha (amin) dan eksekutif muda (amin).

Curhat selesai!

Oke, sekarang giliran nunjukin video baru saya nih!
Hasilnya gak bagus, jelek malah! tapi saya tetep puas sama hasilnya.

INI DIA :


Gimana videonya? aneh? ya emang aneh!

Tolong dikomentarin seberapa aneh videonya ya! kasih komentarnya kalo video ini aneh atau aneh banget atau gajelas atau terserah kalian yang penting komen dan ngasih masukan, sapa tau komentarmu bisa jadi bahan pertimbangan di video selanjutnya.

Dan di bawah ini adalah beberapa link video - video yang menginspirasi saya:

http://www.youtube.com/watch?v=eqOSYNzQoUU

http://www.youtube.com/watch?v=xH8mT2IQz7Y

http://www.youtube.com/watch?v=pVo-S9ns2_A


mudah - mudahan bisa ketemu lagi di postingan selanjutnya.

dadah!