BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Wednesday, May 30, 2012

Fenomena "Like" di Facebook





Penulis : Rocky


Hello kenalin gue Rocky, kalo pengen tau siapa gue klik nama gue diatas tuh.

:nggaya::devilishgrin::nggaya:

gue awalnya juga bingung bakalan nulis apaan. Gue kan kelelawar bebas yang gak suka nulis. Gue taunya DeathCore!
Tapi Kemudian ada beberapa fenomena yang muncul akhir akhir ini di akun Facebook gue. Tepatnya akun Facebook yang punya blog ini. 

Entah kenapa akhir-akhir ini banyak yang ngemis Like di Facebook Chat gue. Pasti semua udah pernah ngalamin musibah ini kan? Pengemis like ini Dari temen deket sampe gak kenal. Dan rata - rata semua anak Alay kalo diliat dari Bahasanya

What the hell are they thinking?

 :argh::argh:


Gue sering gak ngerti sama orang yang minta status nya dilike lewat Chat, Lewat Komen, Lewat Selembaran gitu. Kenapa harus ngemis like ke orang - orang? minta di like status nya, minta di like Fotonya. toh kalo orang emang bener-bener suka sama status atau foto loe pastinya bakalan dengan sendirinya di like. Kalo gak dilike YAUDAH, berarti status loe itu kalo gak norak ya ALAY.

Apalagi ada yang ngelike status gue tapi ujung2nya minta like back.

gini : gue bakalan ngelike kalo emang status or foto loe itu bagus! TITIK

Kemarin itu ada juga yang ngemis like lewat chat

Gini contohnya :



Kalo semua temen Facebook gue macem ini, kapan gue bisa hidup tenang?

Ada juga pengemis like yang emosian kayak gini. Coba simak ceritanya :

  

gue udah terlalu sering di ganggu, gue pun harus ngomong kasar gitu. bahasa Alay nya nambah bikin bete. Beuh, jauh-jauh lah!

Lanjut :
Tapi jujur gue nggak tega. Walaupun Doi alay tapi bahasanya sopan. gue bener - bener gak tega. Akhirnya gue berniat untuk SEKALI AJA nge like status nya dan setelah itu gue gak bakalan ngelakuin hal bejad itu lagi.

Pas gue buka Timeline nya, dan gue liat statusnya :


Shit!,, terus gue harus bilang "wow" gitu? Loe gak kesian ama gue? pamer gitu ya punya pacar yang udah jalan dua taun? Masalah buat gue? Jelas masalah!

akhirnya niatan baik pengen ngelike statusnya jadi ilang. Dan gue nyesel punya niatan baik sama Dia!


Lanjut :
Namun tak lama kemudian, Temen Facebook gue ilang satu.

yups benar. Ternyata cewek yang gue sensor matanya tadi ngeremove gue dari pertemanan.


 Liat button Add Friend. Berarti gue udah gak temenan lagi ma Doi. Fine, gue malah seneng. dengan begitu gak ada lagi yang bakal mengganggu ketentraman gue.

Tapi beda kasusnya sama yang ini. Ini ada pengecualian :


mhuehuehuehue
*modus*

:sinchan:sinchan:sinchan

Inilah fenomena absurd yang nyata di kehidupan gue, dan mungkin elo pernah mengalaminya. Pastinya persepsi orang berbeda-beda, tapi gue, paling gak suka dengan fenomena ini. Karena fenomena ini telah menurunkan makna dari Like itu sendiri. iya kan? jadinya Like is Priceless. Gak ada harganya

Sebenernya masih banyak anak yang minta di like sama gue tapi gak terdokumentasi. Ini hanya beberapa saja.

Ada lagi fenomena yang gak kalah memilukan. Tentang Like yang bisa bejibun datang dari berbagai orang. Namun Like itu datang bukan atas kemauan orang tersebut melainkan entah gue gak paham, cuman ada aplikasi tertentu gitu yang kalo orang make aplikasi itu maka setiap statusnya bakalan banyak yang ngelike.

Omongan gue panjang barusan loe ngerti enggak? kalo gue enggak!

Coba loe peratiin screenshoot beberapa komen di bawah ini :


Mustahil! Cuma komentar tapi yang ngelike sampe ratusan?

Itulah efek dari aplikasi yang gue bacotin barusan. Jadi sekarang Like udah gak berharga lagi. Karena bisa di manipulasi. Semuanya kalau bisa dimanipulasi pasti gak ada harganya. Kayak Hukum enak banget dimanipulasi di Indonesia, dan seiring fenomena itu maka hukumpun sudah gak ada harganya lagi dimata sang penegak hukum maupun warga negara.

Sedih.

Namun penggunaan dari aplikasi memperbanyak like ini ada efek merugikannya juga. salah satunya bisa otomatis mengirim link ke wall grup atau ke status orang. Jadi seolah melakukan Spamming, namun sebenarnya itu adalah ulah dari aplikasi memperbanyak like itu sendiri.

Contohnya ada di salah satu grup Facebook :



Orang yang gue sensor mukanya sama namanya itu tiga kali mengirim link ke "autolike V1.4". Autolike V1.4 adalah aplikasi facebook yang otomatis memperbanyak like. Namun, bisa diliat sendiri, ternyata aplikasi itu malah merugikan pengguna karena otomatis mengirim link, membuat penggunanya tercap sebagai Spammer.

Jadi apa gunanya loe make begituan?

Ada lagi Fenomena Like yang lain. tapi yang ini rada asik. Gue setuju sama like beginian karena cenderung menghargai.


 Tipografi Like *keren* ini baru karya


saya mewakili dari jajaran
POLRI
TNI AU
TNI AD
TNI AL
... ... ... Presiden
Wakil Presiden
Menteri Agama
Menteri Badan Usaha Milik Negara
Menteri Pertahanan
Menteri Dalam Negeri
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
Menteri Kehutanan
Menteri Energi dan Sumber Daya
Mineral Menteri Kelautan dan Perikanan
Menteri Kesehatan
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat
Menteri Keuangan
Menteri Keuangan
Menteri Komunikasidan Informatika
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
Menteri Lingkungan Hidup Menteri Luar Negeri
Menteri Pekerjaan Umum
Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan
Perlindungan Anak
Menteri Pemuda dan Olahraga
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi
Menteri Pendidikan Nasional
Menteri Perdagangan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
Menteri Perhubungan
Menteri Perindustrian
Menteri Pertahanan Republik
Menteri Pertanian
Menteri Perumahan Rakyat
Menteri Koordinator Bidang Politik , Hukum, dan
Keamanan
Menteri Riset dan Teknologi
Menteri Sekretaris Negara
Menteri Sosial
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Gubernur
Walikota
Bupati
Camat
Lurah
Ketua RW
Ketua RT
Hansip
Rektor
Wakil Rektor
Dekan
Wakil Dekan
Mahasiswa
Mahasiswi
Kepala Sekolah
Guru SMA
Guru SMP
Guru SD
Guru TK
Play Grup
Balita
Hacker
Phreaker
Cracker
Scammer
Defacer
Script
kiddies
Hacker
wannabe
Newbie
Spammer
Junker
Liker
Kaskuser
Facebookers
NMers
Manajer
Mandor
Supervesor
Marketing
Kolektor
Tukang kredit
Tukang ngaduk
Tukang gorengan
Tukang bakso
Tukang pompa
Tukang jahit
Tukang palak
Tukang gali kubur
Calo Terminal
Joki 3 in 1
Dokter
Suster
Insinyur
Hakim Jaksa
Pengacara
Manager Hotel
Manager Restoran
Manager Sea food
Manager Supermarket
Satpam Hotel
Satpam Mall
Satpam Kantor
Satpam Apartemen
Satpam Indomaret
Satpam Discotick
Satpam Ding dong
Mpok Romlah
Mpok Encum
Mpok Jenab
Mpok Ati
Mpok Dom dom
Mpok Cuneh
ma iyok
ma itok
ma eni
ma ibik
ma idik
te icah
Bang Toang
Bang Toing ( adenya bang toang)
Bang Ale
Bang Satimin
Bang Midun
Bang Kotan
bang toyyib
Engkong Riman
Engkong Injih
Engkong Malih
Engkong Bokir
Engkong maman
Ceu inah
Ceu anih ( bukan adenya ceu inah . . Ga tau
siapanya)
Ceu Lia
Ceu Romlah
Pak Carik
Bu Carik
Sekretaris
Bendahara
Satpol PP
Ibu kost
Penjaga warnet
Tukang Sapu
Bakul Mie ayam
Bakul Bakso
Tukang Sate
Bakul cilok
Bakul gereh
Bakul pindang
Bakul es dawet
Bakul srabi
Bakul sego megono
Bakul rujak
Bakul siomay
Bakul Lobes
Bakul kentang
Bakul mlinjo
Bakul emping
Bakul alfamart
Bakul indomaret
Supir angkot
Supir truk
Supir bus
Supir m0ntor mabur
Tukang becak
Tukang gebyok
Tukang nebas jengkol
Suzanna
Nyi lanjar
Nyi pelet
Nyi blorong
Mak lampir Tukang Parkir
Tukang Ledeng
Tukang sedot WC
Wong ngarit
Wong angon wedhus
Pengemis
Pengamen
Pemulung
Banci taman lawang dan sekitarnya
Waria dan sejenisnya dan Seluruh
Kampung
MENYUKAI STATUS ANDA

*wew* Gue salut sama yang bikin. Mungkin bisa dapet world record

Oke, mungkin artikel yang gue tulis sedikit Frontal dan Sarkas. Bukan sedikit jugak tapi banyak. yah, karena itulah karakter gue seorang Rocky.

Kalo ada yang kesinggung ya maaf.
:astig:Bye..

END

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

41 comments:

  1. haha..yang terakhir sepertinya yang saya lakukan tuh,,weits...kaburrr

    ReplyDelete
  2. Aku juga sering ngalamin hal kek gini. kebanjiran like sama orang tapi ujung2nya minta like balik. sumpah nyesek sama org2 kek gitu karna bikin pemberitahuan di fb aku full aja !

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar Ai, pasti mereka akan diberi jalan yang lurus, kita doakan saja merekas supaya dibimbing ke jalan yang benar. :'(

      Delete
  3. Jadi, Gak di like adalah pengalaman yg bharga...
    Mhmm bner juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abiz kalo di like kbnyakan malah jadi aneh. Enakan pake twitter, soalnya harus mikir2 kalo mau nulis yg hal galau, karakternya terbatas

      Delete
    2. haha iya bener banget. twitter itu untuk orang kreatip dan gak asal nge galau

      Delete
  4. Ada beberapa orang yg merasa bangga jika setiap updatenya di like this yoo... Sehingga kadang sampai meminta², seakan dia layak kayak artis atau sekelas Mario teguh yg setiap update status selalu berjibun likers-nya. Itu sudah sifat, sepertinya budaya "ngemis like" susah untuk hilang selagi facebook masih ada sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmm,, *manggut-manggut*. berarti mereka pengen jadi sok terkenal gitu ya bang. bener juga.
      iya kalo udah budayanya gitu, susah juga diilangin, tapi mungkin dengan artikel sarkas gini, sapa tau aja mereka sadar dan insaf

      Delete
  5. kalo sampe ngemis² Like di'chat kayaknya bikin enek juga ya ziz, kalo gue sih biasanya ngelike status orang laen (ikhlas) dan kalo pada like balik ya sukur, kalo nggak ya nggak masalah... (*sama² bikin enek? jelas nggak!)

    karna menurut gue budaya like di FB hampir sama kayak di Blog juga,
    kalo di blog kan U comment, I comment (*maap, english gue jeblok stadium 12)... nah kalo di FB juga gitu lah kira²...

    eh, brapa hari nggak kesini udah banyak yang beda nih. ada yang punya piaraan baru nih critanye?. keren² kliatanya :D
    gue belom kenalan, mao kenalan dulu ah... (*cabuut). :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngelike stat orang emang lebih baik ikhlas. lagian itu gak terlalu sulit jugak kok.

      kalo u komen i komen itu menurut gue tersirat, gak sampe ngemis jugak. itu kan jugak bisa nguntungin yang komen dengan dapet backlink misalnya.

      Lah kalo ngelike untungnya apa dong? ya ogah juga gue nanggepin begituan. XIXIXIxixixix

      itu piaraan baru gue, Batmonsters. belon kenalan maen kabur aja, baca postingan sebelumnya!

      Delete
    2. ya kan gue bilang kalo sampe ngemis² gitu ya bikin Enek juga rasanya.

      untungnya ngelike? biar dapet pahala aje dah... kwokwokwok.

      ye, cabut bukannye kabur. tapi pindah kepostingan bawah & berhubung gue udah mbacod disini, jadi kenalannye nggak usah pake komen yak... :D

      Delete
    3. wkokwkokwkok..

      yah gak usah dipikirin dah. pusing jugak.

      sip, silakan kenalan, gak gigit kan mereka?

      Delete
    4. anjrit, si rocky Galak amat ziz. gue minta kenalan malah dipelototin... ya gue ajak berantem. yah jadi belang² gini deh badan gue kena cakar si Rocky...

      *ngawur. :D

      Delete
    5. yah elu kalo kenalan ma tu anak harus sopan. gue aja di bentak apa lagi lu..

      *enggg...? -_____-"

      Delete
  6. Bomblike =.= menyebalkan tuh aplikasi

    ReplyDelete
  7. . . berhubung aq baek hati dan gak sombonk ne ya. jadi setiap yang udah like n comment di fb aq. pasti aq akan likeback dan comment -{_KaloPasTatusNyaBagus_}-. he..86x. trz kolom chatnya gak pernah aq aktifin, cz pasti akan ada aja yg minta di like. he..86x jadi ya aq offline aja dech. begitu lah cara ku di fb. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Vpie baek banget sih.. Like statt aq ea..

      hehe

      Delete
    2. ha jangan dianggap serius

      Delete
    3. . . he..86x. tenang aja. aq anggap becanda kok. he..86x . .

      Delete
    4. asek, lagian kalo ada orang ngelike gak ikhlas atau cuman asal ngelike gitu wah, gak ada artinya kan?

      Delete
    5. . . he..86x. wachhhhh,, jadi nyindr aq ne. cz aq tu terkadang kalo pas likeback gitu ya tinggal like aja n kalo ada yg menurut aq ocae baru aq comment. begitu. oia lagi mnunggu postingan terbaru kamu ne. masih lama gak ya?!? he..86x . .

      Delete
    6. oh jadi ngerasa kesindir yah...? haha, padahal gak ada niatan nyindir sama sekali.

      kalo postingan terbaru, udah ada nih... silakan di cek

      Delete
  8. like buat Rocky dahh..
    `, (y)
    (•̃͡-̮•̃͡)∫
    Ϛ♥ ☺Ķªª¥
    ☁/ \☁ ‎​ŞĬp ŞĬp ŞĬp (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. telimakasih. agak pening ngeliat emot kamu

      Delete
  9. wah,, keren dah,, lama gak ktmu disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, selamat datang kembali ya

      Delete
  10. behaahahahaha...
    emang parah banget tu orang2 yg ngemis2 like. emang bisa kaya apa kalo liker di stat nya bejibun. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalo banyak like jadi ngerasa artis

      Delete
  11. hhaha gue aja sebel kalo ada yang nge chat gue cuman minta "like staat gue ya,makasih" eleh -.- suram gue kira mau ajak ngobrol .. =.=

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ternyata ada sependapat. itulah resiko punya temen alay

      Delete
  12. blog kereenn sob,, ijo apa nii ya.. :)

    ReplyDelete
  13. WAhahaha kang itulah namanya fenomena(bencana)di facebook, saya juga udah males fb an. paling juga buat liat update an sepatu di facebook tu hahah :D
    apa kabar kang? sehat? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iya... haha

      sehat dong. kamu kemana aja Ka? keterima SMA gak? apa langsung nikah?

      Delete

My Blog My Rules!