BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Friday, May 18, 2012

Indonesia Go Blog! Indonesia Maju!

Postingan ini untuk para TunaWisMaya (orang yang gak punya blog)
Blog diartikan sebagai RUMAH DUNIA MAYA
^_^

Hello teman-teman dunia maya. Seberapa besar sih, peran sosial media di kehidupanmu?

Kalo nyang belum ngerti social media itu apa, nih gue kasih penjelasan:

Image : http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
Social media atau Media sosial itu macem Tempat eksisnya para onliners sedunia. Kalo katanya Andreas Kaplan dan Michael Haenlein media sosial itu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content. Kalo Bahasa yang lebih manusiawi biar bisa dimengerti anak alay, gini : Media Sosial adalah tempatnya kita semua berbagi, berpartisipasi, serta menciptakan suatu karya di dunia maya sehingga bisa di akses melalui internet. gitu dah.


image : http://bisnisukm.com/cara-promosi-menggunakan-media-sosial.html

Yang paling banyak diakses di Indonesia saat ini kalo menurut gue, Facebook dan Twitter. Apalagi Facebook, Dari Nyokab, Tante, Nenek, sampe keponakan gue yang masih di kandungan ibunya aja punya akun Facebook. Ntah gue gak bisa bayangin gimana caranya janin itu update status. Mungkin ibunya harus nelen hape dulu baru bisa update. Lagipula sinyalnya pasti susah.

Tapi kalau untuk Blog, rasanya cuman sedikit yang udah punya blog. Yah, mungkin karena tujuannya Media Sosial bagi mereka hanya untuk bersenang-senang chatting dan sekedar mencari teman saja. Jadi ngeblog adalah barang yang langka. Atau mungkin juga karena Facebook dan Twitter begitu mudahnya dan semua fitur telah disediakan, jadi tinggal make dan simpel. Sementara Blog, dari template, widget sampai postingan, haruslah mendesain sendiri bentuknya. Jadi lebih ribet.

Padahal tau kah engkau, ternyata blog punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki jejaring sosial?

Pertamanya memang sulit mengelola blog. Gue sendiri sangat asing dengan bahasa HTML atau Java. Dengan cuman mengandalkan minat di bidang IT dan bermodalkan kata kunci di google, Gue bisa autodidak mempelajari semua yang dibutuhkan blogger dalam membuat blog yang menarik.

Coba deh pikir, sekarang jamannya globalisasi. Informasi terbuka lebar. Sudah sekitar ratusan blog tutorial yang menyediakan informasi cara pengelolaan blog. Atau Kalau kamu semua paham bahasa inggris, bisa pelajari semua bahasa pemrograman yang dibutuhkan seperti, HTML, CSS, JavaScript, PHP, dll di http://www.w3schools.com/. Gue juga sering ke situs ini kok.

Ngeblog itu juga banyak keuntungannya, seperti

Nambah Kreativitas


Coba deh, kalo kamu biasa cuman update status atau nge-tweet tiap hari, lalu apa yang bisa dikembangkan dari itu semua? Jejaring sosial seperti ini malah akan menghambat kreativitas karena cenderung hanya memberikan hiburan dan gak ada yang bisa kita pelajari dari situ. ya kan?

Tapi kalo ngeblog, kita bisa belajar gimana caranya mengatur tata letak konten blog, seolah kita adalah arsitek dari Rumah dunia maya (blog). Kita juga bisa mempelajari bahasa pemrograman HTML dan kawan-kawan, dan otomatis ini juga bisa menstimulus perkembangan otak.

Membagi Ilmu


Banyak kan blog di Indonesia ini yang isinya tutorial tentang misalnya, Gaming, Teknologi / IT, dan tutorial lainnya. Ada pula blog yang isinya Info-Info menarik dan unik, sehingga bisa bermanfaat bagi pembacanya. Jadi, ngeblog bisa berbagi pengetahuan kepada pembaca, atau menyediakan informasi kepada pembaca yang membutuhkan tulisannya

Menambah Teman


Jika kamu udah punya blog, tentu saja harus blogwalking. Blogwalking itu macem bertamu ke blog tetangga dan ninggalin Link blog kamu, sehingga blog tetangga itu juga mengunjungi blog kamu. Jadi biar blog kamu punya pengunjung gitu. Jadi jangan takut kalo blog gak ada yang ngunjungi.

Dengan blogwalking, jadi kamu bisa ngenal blog lain dan menjalin kerjasama (misalnya). atau kamu ikut grup berbasis grup facebook yang isinya anak-anak blogger semua. Di sana, selain bagi-bagi ilmu sesama blogger, tentunya juga menambah teman.

Mengubah Dunia


Keren kan, kalo kamu bisa mengubah dunia hanya dengan ngeblog? Pasti pada gak percaya ni, kalo ngeblog bisa mengubah dunia.

Itu Lebay, dan gak mungkin terjadi. hahahaha

Tapi kalau mengubah pola pikir di masyarakat, bisa masuk akal. Kamu bisa menuliskan suatu artikel yang berisi opini kamu tentang kejadian yang baru terjadi misalnya. Sama seperti membagi ilmu tadi, bukan hanya membagi ilmu, tetapi juga bisa mempengaruhi masyarakat dengan tulisanmu itu.

Investasi masa depan


Dengan memiliki Blog, tentunya akan ada pengunjung yang bersedia nyasar dari Google mengetikkan kata kunci tertentu. Kalau blog kamu adalah blog pengetahuan umum atau berita, maka besar kemungkinan banyak pengunjung yang nyasar lewat google. Kemudian kamu bisa memasang iklan di blogmu.

Iklan jenis apa aja, seperti PPC (pay per click), pendapatan dari iklan dihitung berdasarkan jumlah klik pada iklan tersebut. bisa juga kamu pasang iklan pra bayar dengan tanpa perantara yang kamu tempatkan di sidebar atau manapun dan jika ada. (Gue gak bisa jelasin iklan. cari aja di gugel)

Dengan memasang iklan, maka akan mendapat pendapatan, yah walaupun sedikit, namun suatu saat jika terjadi Pay Out pembayaran, maka lumayan kan? cuman duduk-duduk, duit bisa dateng sendiri, jadi macem pengemis gitu.. -_-

Menimba Ilmu


Selain Membagi ilmu, blogging juga menimba Ilmu. Seperti yang Gue tulis tadi, dalam blog dikenal istilah blogwalking. Dengan blogwalking, selain kamu mencari pengunjung, juga mencari ilmu dengan membaca postingan blog lain yang tentunya bermanfaat.

Bahkan tidak perlu blogwalking, hanya dengan memiliki blog, berarti kamu sudah belajar bahasa pemrograman HTML semacemnya. Itu jika template kamu bukan bawaan blogger. karna kalau bawaan blogger gak bisa ngedit template, jadi gak bisa belajar bahasa pemrograman.

Ngikut perkembangan Zaman


Era gelobalesase gene gak punya blog, gak gahool!!

***

Banyak dong manfaatnya?

Kalo gue sendiri, urusannya ngeblog pertama adalah pengen belajar. Kedua pengen cari ilmu lewat blogwalking ke blog yang agak waras jadi biar tambah pengetahuan. ketiga pengen melestarikan hobi main gitar yang hampir punah kegilas Teknologi.

Iya, gue ngeblog juga untuk mempertahankan hobi gue terhadap musik. Semenjak kenal Hobi IT, gue cenderung ngelupain gitar gue. dan Dari ngeblog, gue bisa salurin hobi gue di bidang musik dengan upload video di Youtube, upload suara gue di SoundCloud, macem gituan deh. Jadi, gue bisa belajar Teknologi Informasi sambil tetep main gitar.

Nah jadi nambah satu lagi manfaat dari nge-blog adalah untuk menyalurkan bakat, minat, atau hobi di luar nge-blog, jadi bisa lebih mengeksplorasi lagi deh.

Nah, kalo gitu tunggu apa lagi, gue ngajak kalian semua, Ayo Indonesia Go Blog! Tunjukkan karyamu, idemu, juga eksistensimu lewat ngeblog

Untuk yang udah punya blog, bisa bantu gue dengan ngasih komentar dan saran tentang blog "karpet musola" ini Okeh?

SEKIAN

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

69 comments:

  1. Gue gak baca,
    ngomen aja
    wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Hehe, salah masuk nih...

    saya bukan TunaWisMaya :P

    ReplyDelete
  3. Mantaaaap keuntungannya menjanjikan semua tapi jangan lupain sisi negatifnya juga.

    ReplyDelete
  4. bener tuh kata Ujay! :D
    Salam Solid ya ...

    ReplyDelete
  5. jadi gak mau berpaling dari nge-blog ne ane..

    ReplyDelete
  6. Hati2 klo kcanduan ngeblog, ntr lupa ibadah loh...
    tmben nih kasi motivasi kaya Om mario Teguh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. ternyata bang wildan sepertinya juga mengalami lupa ibadah ya?

      Delete
    2. Emang sih, tpi klo skrg dah bisa ngatur waktu. Eh jangan manggil abang dong, panggil aja ama pngilan yg agak muda'an kaya adik, teteh, atau semacamnya. Abang Aziz kan tua'an

      Delete
    3. emang umur lu berapa dek? haha,
      pinter pinter aja ngatur urusan dunia nyata, dunia maya, sama dunia akhirat

      Delete
  7. klo ga punya rumah itu tunawisma,,,klo ga punya akun jejaring social itu tunawismaya kwkwkwkw betul itu sob,,

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. yah tapi jangan lupakan etika ngeblog juga

      Delete
  9. wah, ni anggota Blogger Shout out pada kompak bikin posting ginian yaa...??

    niatnya mau baca, tapi berhubung dibawah Judul ada tulisan itunya... ya gak jadi baca... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kamu gak baca tulisan terakhir ya? kan blogger gue suruh ngasih kritik

      iya, anggota blogger shout out emang kompak. ayo gabung aja van

      Delete
    2. o iya, kecil banget tulisannya. gak kliatan.. :D
      mau kasih saran apa yaa. kaya'nya nggak ada...
      mmurut gw ini blog udah keren bangeett... :)

      ayok... :D

      Delete
    3. ohya?? hehe,, *salting*

      ayok ngikut, tinggal ngeklik banner BSO di samping kiri

      Delete
  10. Btw, udah ada kok teknologi yang dipake biar janin bisa update status... tapi itu di Twitter... belom tau yg versi facebook udah ada apa belom... :D
    #btwguesalahfokus

    ReplyDelete
  11. Media sosial mungkin masih lebih familiar dikalangan masyarakat daripada blog. Karena tinggal buat akun, langsung bisa cuap². Di media sosial juga dilengkapi chat online serta game online yg membuat penggunanya lebih betah.

    Sementara jika blog, harus atur template, mengisi konten dan sering blogwalking agar blog kita lebih dikenal. Mungkin ini yg dirasa ribet bagi yg belum familiar. Untuk mencari teman, saya rasa lebih mudah di media sosial. Karena sarana lebih banyak tersedia. Apalagi jika pemilik blog adalah pemburu backlink dan tidak memasang profile diri, sepertinya kita tak bakal bisa berteman dg adminnya.

    Moga aja ke depan blog lebih banyak penggunannya dan lebih banyak pemilik blog yg ingin mencari sahabat lewat blogging, agar keuntungan yg sudah disebutkan pada postingan diatas bisa tercapai :)

    ReplyDelete
  12. . . keren banget penjelasan nya. blog emank banyak manfaat nya daripada kita gabung ke facebook ato twit gitu. cz jarang sekali kita menemukan pengetahuan dari sana. mungkin yg banyak adalah curhat, mengeluh dll dech. cz aq sendiri kalo pas kesitu pasti pas lagi curhat aja. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah biasanya emang sosial network kecil begitu digunakannya cuman untuk curhat. hu..1x..

      Delete
  13. say yeah untuk menambah kreatifitas XD

    ReplyDelete
  14. woh gue baru inget!! lo yang ngajak gue gabung BSO haha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. woh apa iya? gue malah gak inget sumpe

      Delete
  15. postingannya sangat bagus sobat, bermanfaat,terima kasih

    ReplyDelete
  16. Ternyata manfaat nge-blog super sekali ya pak MArio #eh.

    postingannya bermanfaat banget, tiba-tiba pengen cari duit lewat blog #eaaaa

    ReplyDelete
  17. oohh untuk tuna wismaya..
    berarti bukan untukku . XD

    *ngacir

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kamu gak baca pesan terakhir di artikel ini! -______-"

      Delete
    2. aku baca..
      tapi kan orang tuh klo buat sesuatu kan di peruntukkan kepada siapanya ada di kalimat pertama, klo kalimat pertama kamu sebutin yang buat tunawismaya > blablablabla..
      terus buat bloggernya > blablablabla..
      pasti orang yang baca dari awal udah ngerti klo maksudmu seperti itu..

      mudeng nggak sama maksudku??

      Delete
    3. iya, jadi untuk tuna itu gak perlu baca gak papa. itu ya salah gue sendiri sebenernya.

      *menghindari perang*

      Delete
    4. ya begitulah ababil yang sebenernya..
      suka menghindar dari masalah klo posisinya udah goyah..
      apa itu yang disebut dengan d e w a s a ??
      apa orang dewasa kalah omong sama anak yang dia anggap c u m a ababil ??

      Delete
    5. menghindar dari masalah itu namanya pecundang, dan belum bisa dibilang sebagai anak alay jugak.

      tapi tadi saya bilangnya "mengindari perang"

      akan tiba masanya ketika manusia saling menyadari bahwa perang hanya akan menimbulkan kerugian bagi keduabelah pihak.

      maka sekolotnya orang kalo udah dewasa pasti ngerti kalo perang itu bukan bagian dari penyelesaian masalah. apalagi perang yang timbul karena urusan sepele.

      jadi orang yang pertama berinisiatif untuk mengakhiri perang adalah orang yang lebih bijak dan lebih dewasa.

      nah, kalo dibilang kalah omong, tentu saja saya belum bisa menerima, tapi kalo saya menghindari perang, memang benar. karena saya sudah dewasa dan lebih bijak. dan saya bukan menghindari masalah. karena ini sama sekali bukan masalah untuk saya.

      posisi goyah?
      tidak, saya tetap pada pendirian kejombloan saya... *eh

      labil itu adalah ketika orang belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah
      mangkanya disebut labil. ke sana ke sini ngikut. salah pun diikuti. sampai sampai ia membuat kesalahan versi dirinya sendiri

      Delete
    6. ya..yaa..yaa..yaa...
      blaa..blaa..blaa...blaa...

      tuan zero yang terhormat..
      apa ada kata-kata saya di atas yang bilang 'perang yookk!!' ??????
      gak ada kan?? :|

      Delete
    7. enggak. dan emang saya jugak gak bilang kamu ngajak perang kok. coba pahami

      Delete
    8. perang perang perang !!! #ngeliatin debat sambil minum kopi.

      Delete
    9. haha,wkwkwk silakan bang Hzndi

      Delete
  18. Knjungan balik, sob.
    Nice blog....

    ReplyDelete
  19. Setuju gan sama tulisan panjang ini :D

    Kunjung balik + numpang ngelink :
    http://rifaldhi.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. link yang kamu tinggalin ini gunanya apa?

      Delete
  20. Semangat yaah sobat ... :D
    Salam Lestari Buana Nusantara :)

    ReplyDelete
  21. aziz..aku berkunjung kerumah blogmu yang hijau segar ini :)
    mari kita tetep semangat ya ziz..buat indonesia go blog :)
    salam ziz... next time diposting berikutnya aku pasti mampir. *janji :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik,, yeyeye lalala.. makasih kak sarnisa. kutunggu janjimu

      Delete
  22. saya bukan TunaWisMaya , laporan selesai ...wkwk

    ReplyDelete
  23. baru belajar
    ajarin ya :D
    haha xD

    ReplyDelete
  24. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. baidewe, apa hubungannya sama artikel panjang gue ini ya?

      but thanks.. selamat berinvestasi

      Delete
  25. SATU YANG MERUGIKAN PARA BLOGGER YAITU TUKANG COPY PASTE SOB :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget. gue juga gerah sama copaser gak bertanggung jawab, walaupun artikel gue belum pernah di kopas.

      btw, capslock mu jebol ya? ^_^

      Delete

My Blog My Rules!