BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Thursday, April 5, 2012

Sabar dan cara menciptakannya


Ini malem Jumat. Syukurlah

Banyak Jomblowers di dunia ini sering parno kalo ngeliat temennya lagi mojok. Itu karena kamu, para Jomblowers, tidak sabar dan tidak terima dengan keadaan yang ada. Menurut kiat saya sebagai Jomblowers yang berpengalaman, cara saya dalam menjaga ketentraman hidup adalah dengan:

Stay Calm,  And Make Some Noise


Terutama Stay Calm = Sabar

Tapi kebanyakan orang susah untuk bersabar. Ya contohnya saya sendiri di beberapa kejadian. Saya paling gak sabar kalo nunggu loading Blognya Upin – Ipin dkk. Yang bikin saya pusing tu pas mereka Pamer follower, muterin musik, dan banyak tetek – bengek nya.

# ada bengek nya ya?

Saya punya tips untuk menciptakan kesabaran. Ini penting, karena sabar bukanlah hal yang mudah dilakukan padahal sabar sangat dibutuhkan.

Welcome to :

Menciptakan Kesabaran :


1. Sibuk


Saya pernah nonton acaranya Pak Mario Teguh di tipi, dan saya ada setuju sama Pak Mario. Dia pernah mengatakan bahwa :

Sabar itu Sibuk

Menurut saya bener juga apa kata Pak Mario. Coba saja kamu ingin mencoba bersabar, namun dengan cara diam tidak melakukan apapun. Maka sabar seperti ini tidak akan bertahan lama.

Contoh kasus:

saya blogwalking ke blognya Upin – Ipin. terus Nungguin sampe Cbox tercinta bisa nongol agar bisa langsung ngetik “Ziarah” terus pergi. Tapi Cbox tercinta gak nongol – nongol. Biasanya kalo nongol, pasti loading yang lainnya masih berjalan. Jadi sering terjadi Error pas post komen di Cbox. Maklum Modem lelet. Saya coba sabar dengan duduk manis sambil pelototin tampilan Unyu - nya. Tapi tetep gak sabar jika harus diam aja nungguin loading. Akhirnya saya lebih milih lanjut ke blog berikutnya dari pada harus nunggu loading. Akibatnya, sia - sia ngunjungin blog Upin Ipin itu tanpa ninggalin jejak.

***

Kejadian tersebut akan berbeda jika saya bisa bersabar dengan "Sibuk". Dengan Sibuk, maka saya bisa menciptakan kesabaran dan tentunya kunjungan ke blog Upin – Ipin tidak akan sia – sia. Yang harus saya lakukan adalah sibuk dengan membaca artikel – artikel “sastra melayu klasik” di blognya. itung – itung sambil belajar Materi Bahasa Indonesia. Atau saya bisa Coli seraya nunggu loading Upin – Ipin kelar. Yang artinya saya lakukan sesuatu yang membuat saya sibuk.

Jadi kalau gak bisa sabar, maka kamu harus lakukan sesuatu yang sibuk. Maka itu juga bisa disebut dengan sabar, bukan?

#Pinter

.:o0o:.

2. Lemparkan Pikiran ke tempat lain


Jika gak ada yang bisa di lakukan, yang bisa membuat kamu sibuk, maka ada cara lain. keSabaran juga bisa diciptakan dengan hanya Berpikir. Kita harus mengenali penyebab dari ketidaksabaran. Biasanya ketidaksabaran terjadi karena kita terlalu fokus terhadap sesuatu (yang membuat kita tidak sabar). Untuk itu, yang harus kita lakukan adalah dengan berpindah memfokuskan pikiran ke hal lain.

Contoh tragedi:

Saya lagi potong rambut di Salon banci. Gak ada pilihan lain selain di Salon Banci Egy. Mana si Egy nya malah colek - colek titit saya gitu, kan. Bisa bikin bĂȘte, terus ujung – ujungnya gak sabar pengen cepet kelar terus keluar dari salon. Tapi, rambut masih acak – acakan. Karena saya gak sabar Akhirnya saya emosi dan keluar salon gitu aja dengan rambut masih gak rapih.

***

Kejadian tersebut akan berbeda jika saya bisa Sabar dengan melemparkan perhatian ke hal lainnya. Dengan bersabar seperti ini, maka potongan rambut saya pasti gak akan seperti orang abis mesum gitu. Ketidaksabaran di Tragedi ini muncul karena saya terlalu fokus terhadap kejadian yang sedang terjadi. Terlalu risih dengan tingkah si Banci Egy. Coba jika saya keluar dari suasana itu dan mengalihkan pikiran dengan membayangkan si Banci Egy adalah benar – benar seorang Wanita dan beralih dengan memikirkan nasib temen saya Ryan yang nyampe sekarang belum bisa Coli gara – gara gak dapet inspirasi.

Dengan kata lain, saya melemparkan pikiran saya dengan tidak berada di tempat Salon Banci Egy itu. Enak dibilang “ngelamun”.

#logis

Tapi resikonya menggunakan teknik ini juga ada. Coba bayangkan jika saya menggunakan teknik ini di Salon Banci Egy. Pas saya lagi mikirin temen saya si Ryan, saat itu juga si Egy udah grepe – grepe dan saya cuman bisa diem aja sambil ngelamun pasrah.

#nauzubilah

.:o0o:.

dua poin di atas adalah tips sabar secara umum. dan Tips ke tiga ini adalah Tips Bagi Jomblowers :

3 Make some Noise

Berisik di sini ada arti tersendiri dan juga termasuk dalam kiat menciptakan kesabaran. 

Saya sering gak sabar pengen cepet Move on kalo ngeliat temen lain pada mojok. Namun, di satu sisi saya juga harus menjaga dan menghormati sebuah prinsip klasik yang saya buat. Di sela – sela ke-jombloan saya, saya terus “Scream out loud and speak up” di dunia maya. Entah itu lewat blog ini atau lewat lagu. Bukannya ingin menunjukkan ke-ngenesan yang saya alami, namun kejombloan ini bisa saya jadikan Self Branding dan bisa jadi inspirasi tersendiri untuk buat lagu.


.:That’s it:.

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

35 comments:

  1. weh sama sob kronologi nya,,wkwkw

    ReplyDelete
  2. saya juga jomblowers kang, tapi saya agak kurang sabar , dalam mendapatka pacar, hihi :D

    ReplyDelete
  3. kalo penganten baru mah bilangnya ,, sabar,, sabar ajah ,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah,, bukannya pengantin baru susah sabar..

      #pengencepetcepet

      ahihihi XDD

      udah ngapain aja sama bini bang?

      Delete
  4. sabar sambil menciptakan kesibukan, badan maupun pikiran ... bener juga tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih.. semoga bermanfaat untukmu bro

      Delete
  5. ambil gitar,ambil minuman kopi ginseng + rokok terus nyanyi sambil menghayal itu cara saya, bagaimana cara anda hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. weeh cocok tu bro. itu juga cara saya, tapi minumnya susu

      Delete
    2. itu bukan asep rokok Joe.. konyol kau

      Delete
  6. Replies
    1. ya elah tetep aja kamu tu udah termasuk "Pindah"

      kok jadi ngomongin pindah sih?
      Move on.

      kata yang sulit dilakukan

      Delete
    2. udah jomblo kan?
      apanya yang di move on-nin?? XD

      Delete
    3. wah panjang ceritanya.. pantesnya diposting aja.

      hhe

      Delete
    4. horeee ada yang mau posting soal mantan lagi . XD

      *kira-kira mantannya cewek apa cowok yaa?? XD

      Delete
    5. waaah... ini keterlaluan berarti ngajak tawuran?

      saya emang jomblo tapi bukan berarti saya homo. waaah

      Delete
    6. klo bukan homo, berarti maho yah? XD

      *apa bedanya? XD . :P

      Delete
  7. memang tanpa di dasari kesabaran semuanya akan sia sia sobat..
    salam kenal. :)

    ReplyDelete
  8. saya jomblo, tapi santai-santai aja kang...
    nikmati hidup... namun tetap sabar... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tetep aja ujung - ujungnya harus sabar

      XDD

      hhe

      Delete
  9. sabar itu bener2 kegiatan yang rumit buat saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kak manda ini orangnya gak sabaran ya?

      Delete
  10. Wah , emang bener nih yang dikatakan jupe kalo tahun ini tuh tahun galau hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga yang dibilang jupe... pas banget

      Delete
  11. senasib sob.....
    postinganmu apik....

    ReplyDelete
  12. Ketidak sabaran itu memang berawal ketika kita terlalu fokus terhadap satu hal yg merasa kita tunggu. Tips diatas sudah cukup untuk dipakai sebagai pengalih perhatian, agar jadi lebih sabar.

    Masalah rasa kesepian ketika masih jomblo, sebenarnya bisa diatasi bila kita punya banyak teman. Banyak teman akan menghasilkan banyak aktivitas. Seorang jomblo akan merasa sbg jomblo yg teraniaya ketika dia selalu menyendiri dan mengasihani diri sendiri.

    Saya suka artikel dan gaya bahasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. super sekali kak Arie..
      ini komentar paling *waras di blog saya ini, kak.
      dan tips yang kakak kasih itu, perlu saya tambahkan ke artikel
      ^_^

      Delete

My Blog My Rules!