BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Sunday, March 4, 2012

Sleep Paralyze : Fenomena Gaib atau Mimpi Biasa


Pernahkah kamu terbangun dari tidur dan merasa ada sosok makhluk yang menduduki tubuh kamu dan kamu merasa tidak berdaya? Sleep Paralyze atau istilah Jawa disebut juga Irep – Irep atau ketindihan adalah fenomena yang misterius yang banyak orang alami. Banyak pendapat mengenai Sleep Paralyze ini dari segi Ilmu pengetahuan maupun Ilmu gaib semacamnya.





PENJELASAN DARI SEGI SAINS

Sebenarnya secara Ilmiah, Fenomena Sleep Paralyze hanyalah bagian dari siklus mimpi yang bergabung dengan kenyataan (bukan mimpi). Jadi, ceritanya ketika sedang asik bermimpi, atau mimpi sedang tercipta dengan jelasnya, dengan tiba - tiba otak kita terbangun. Sementara itu tubuh masih dalam keadaan lumpuh. Lumpuhya tubuh diperlukan agar tubuh tidak bergerak ketika kita sedang bermimpi. Jadi gak Jalan sambil tidur.

Ketika kita terbangun namun tubuh belum siap terbangun, kemudian mimpi yang masih diangan – angan keluar dan bergabung dengan kenyataan. It’s easy to say that, ketika terbangun tiba – tiba, dan kamu mengetahui tubuhmu tidak dapat bergerak, maka kamu akan takut. Seketika fantasi mimpi muncul dan menyebabkan kamu bisa melihat sosok makhluk mengerikan wujud dari ketakutanmu.

Sleep Paralyze pernah diteliti lebih lanjut oleh Florence Cardinal. Ia mengatakan, bahwa dalam SP korbannya akan mengalami halusinasi mengakibatkan si korban melihat makhluk asing yang menindihi tubuh, berkeliaran di sekitarnya, atau hanya muncul begitu saja.

Ada pula dari beberapa korban yang mengaku mendengar suara – suara aneh seperti langkah kaki, pintu terbuka dan suara aneh lainnya.

PENGALAMAN PERTAMA SP

Saya sendiri pernah mengalami Sleep Paralyze beberapa bulan lalu dan sewaktu saya masih kecil sekitar umur 5 tahun. Namun kejadian ketika kecil benar – benar berbeda dari kejadian yang dialami kebanyakan orang.

Ketika itu saya tidur di ruang tamu beralaskan tikar. Terdapat sebuah meja di samping saya tidur. Keadaan lampu pada saat itu tetap dibiarkan menyala namun bagian bawah meja tadi terlihat gelap.

Saya terbangun belum waktunya di tengah malam. Muka saya tepat mengarah ke bawah meja yang gelap. Kemudian sesosok makhluk berwarna hitam pekat keluar dari bawah meja. Kedua matanya berwarna merah. Saya tidak mampu untuk bangun dan saya sangat lemas. Segera saya mengucapkan, “bismilah, bismilah, bismilah…” karena hanya kalimat ini yang saya hafal waktu itu. Dan saya merasa takut, seketika saya pingsan.

Saya tidak pernah melupakan kejadian ini sampai sekarang.

PENGALAMAN ORANG LAIN

Kisah yang lebih menunjukkan bahwa itu adalah Sleep Paralyze adalah kejadian yang dialami oleh teman saya, Oswena. Dia bercerita,

Bahwa ada makhluk yang menindihi tubuhnya ketika Ia sedang terbangun dari tidur. Bahkan ada dua makhluk saat itu. Makhluk satunya terlihat berlari – lari mengelilingi Oswena dan satu lagi menindihi tubuhnya.

Bukan hanya visual, namun Oswena pernah juga ketika terbangun dari tidur mendengarkan kebisingan yang sangat luar biasa. Suara bising itu bercampur dengan suara lainnya yang entah dari mana. Namun ketika dia berteriak menyuruh suara itu diam, maka seketika suara itu hilang.

PENYEBAB SLEEP PARALYZE

Ketika Sleep Paralyze terjadi, berarti kita terbangun di tengah – tengah waktu tidur, atau belum seharusnya kita terbangun. Apapun itu yang menyebabkan kita terbangun tidak pada waktunya bisa menyebabkan terjadinya Sleep Paralyze, seperti :

1. Stress
2. kecapean
3. kurang tidur atau tidur tidak teratur
4. bahkan dari beberapa penelitian, tidur telentang dapat menyebabkan terjadinya fenomena ini.

But, don’t afraid. Saya sendiri menikmati pengalaman Sleep Paralyze. Walaupun awalnya dan bahkan berhari – hari dihantui oleh fenomena ini, namun untuk selanjutnya hal ini malah menjadi pengalaman menarik bagi saya. Rasanya Seperti berwisata ke rumah hantu. Menegangkan namun semua hanya bagian dari permainan. Jadi, jangan takut untuk yang pernah atau belum mengalami, karena fenomena ini tidak ada hubungannya dengan pembalasan dendam iblis atau semacamnya.

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

27 comments:

  1. artikelnya menarik juga untuk dibaca sobat...
    salam kenal sobat...

    ReplyDelete
  2. oh iya sobat..bapak saya juga sering begitu...tapi hati-hati sobat,,tindih'en(bahsajawa)ini bisa berbahaya..tetangga saya tindi'en gini bisa bablas kok sob..bablas mati...tidak cuma 1 orang yang pernah saya dengar sob...

    ReplyDelete
  3. wah wah wah. . . . aku sering ngerasain kaya gini. . . haduh karena kecapean ngeblog x yak hehehehe

    ReplyDelete
  4. Sleep paralyze ya??
    gara- gara itu aku gak mau tidur di kamarku lagi
    hehehe
    soalnya waktu itu aku sering banget ngalamin ketindihan di kamarku hampir tiap hari, tapi setelah aku pindah ke kamar ortuku aku gak pernah ketindihan lagi
    hehehe

    ReplyDelete
  5. biar g tindihan, tdur diatas lantai max 30cm dari sob..

    ReplyDelete
  6. gue bgtu gara2 nahan kencing biasanya sob. . . trus jalan sendiri ke kamar mandi

    ReplyDelete
  7. klo tidur telen tang mana sanggup gan manusia..
    telen apem ajah udah seret seret sampe batuk apalagi telen tang..
    hahaha,kidding gan..

    ReplyDelete
  8. WAH, seram tuh,
    untung ane gak pernah kejadian kayak gitu gan.

    #salamkenal
    mohon difollow, saya follow balik

    ReplyDelete
  9. aku juga sering merasakan hal itu. . .

    kunjungan malem ah. . .. . cari cari cmilan. . .

    ReplyDelete
  10. @Dwi : widiih...? bisa bablas? nah tu dari segi gaibnya saya belum ngerti

    @kakak sapi : asik gak kak ngerasain Ketindihan?

    @Rizki_ris : nah tuh lagi berhubungan dengan gaib. asik atau takutkah yang kamu rasakan?

    @mipta : kayaknya loe tau banyak tentang ini ya? :D

    @Bang Ale : itu sih insting kebelet bang :D

    @TP-Link : bener juga? ^@%$*!

    @febriansyah : follow dikibarkan

    ReplyDelete
  11. Ane juga pernah, pas mau bangun tidur rasanya badan tdk bisa bangun seperti ketindihan hehehe,mata juga tdk mau melek,memang aneh tp nyata

    ReplyDelete
  12. @Xpresi4share : yoi sob, aneh tapi nyata.. juga asik

    ReplyDelete
  13. apa iya toh kak " :P

    ReplyDelete
  14. sleep paralyze kalau nggak salah memang salah satu langkah menuju lucid dream.

    sayangnya, dahulu saya selalu berusaha membangunkan diri, padahal tinggal sedikit lagi. dan sekarang disaat menanti-nantikan, eh malah ketiduran beneran, hahaha

    ReplyDelete
  15. ah itu hanya kembang,nya orang tidur

    ReplyDelete
  16. bisa la ,nama nya orang tdur?mangakanya sebelom tdur berdoa dlu?

    ReplyDelete
  17. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my
    newest twitter updates. I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.
    Also visit my website :: safeway jobs online

    ReplyDelete
  18. Fine way of explaining, and pleasant piece of writing to take facts concerning my presentation topic,
    which i am going to deliver in school.
    Also visit my blog ... part time jobs From home online

    ReplyDelete
  19. Wow, superb weblog structure! How long have you ever been blogging
    for? you made blogging glance easy. The whole glance of your website is wonderful,
    as neatly as the content material!
    My site tutor jobs online

    ReplyDelete
  20. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
    I don't know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you are not already ;) Cheers!
    Also visit my web blog ; roulette real money

    ReplyDelete
  21. Does your blog have a contact page? I'm having problems locating it but, I'd like to send you an email.

    I've got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it develop over time.
    Check out my webpage ... online jobs from home

    ReplyDelete

My Blog My Rules!