BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Wednesday, February 8, 2012

Fals Awakening jembatan menuju Lucid Dream


Pernahkah anda terbangun dari tidur, kemudian melakukan kegiatan yang biasa anda lakukan setelahnya, dan ternyata anda terbangun lagi? Artinya anda menyadari kalau anda sudah terbangun, namun kenyataannya itu hanya bagian dari mimpi. Kenyataannya Anda hanya terbangun di mimpi berikutnya. Inilah yang disebut dengan False Awakening atau Terbangun yang Palsu.

Pada saat anda mengalami False Awakening, otak akan menganggap bahwa anda sudah terbangun dan harus melakukan kegiatan yang biasa anda lakukan tanpa harus mempermasalahkannya. Keadaan ini bisa berulangkali terjadi dalam satu kali mimpi. Istilahnya Multiple False Awakening. Ini yang pernah saya alami sendiri ketika dalam masa percobaan Lucid Dream.

Adik saya yang paling kecil mengalami kecelakaan parah dan harus dirawat di rumah sakit. Namun nyawanya tidak dapat ditolong. Saya pun menyesali keadaan ini. Orang tua saya mencoba menghibur hati saya dengan memberikan adik baru. Adik dari panti asuhan. Jelas tidak sama dari adik saya sebelumnya. Ini sempat membuat saya depresi.

Kemudian saya terbangun. Syukurlah hanya mimpi. Saya lega dan merasa saya seharusnya bisa melakukan reality check di mimpi ini tadi. Karena kemungkinan saya bisa Lucid.

Setelah terbangun saya menghampiri adik saya di kamarnya. Ternyata dia tidak ada. Malahan dia sedang ada di rumah sakit karena kecelakaan yang harus membuatnya dioperasi. Maka dengan kejadian ini adik saya tidak dapat terselamatkan. Saya langsung shock.

Kemudian saya terbangun lagi. Di tingkat mimpi ini saya merasa kelelahan. Saya tidak merasa lega karena kejadian barusan ternyata hanyalah mimpi. Saya hanya merasa kelelahan. Ternyata saya kelelahan karena saya kehilangan adik saya yang paling kecil. Maka saya pun menangis sekencang – kencangnya. Saya tidak dapat menahan dan saya teriak.

Kemudian adik saya yang paling kecil tadi membangunkan saya dari mimpi yang melelahkan ini. Dan kali ini benar – benar terbangun

Dari False Awakening berlapis yang saya alami ini, setelah saya benar – benar terbangun, maka saya langsung merasa kalau saya sangat menyayangi adik saya tersebut. Saya jadi lebih merasa tidak ingin kehilangan dia lagi.

Film Inception juga pernah menceritakan mengenai False Awakening ini namun dengan metode cerita yang lebih menarik. Di ceritakan dalam film tersebut, untuk menanamkan ide kepada seseorang harus dari mimpi yang lebih dalam. Mereka menanamkan ide kepada seseorang di mimpi pertama, kemudian masuk ke mimpi kedua, dan dilanjutkan ke mimpi ketiga. Ide yang ditanamkan juga sama. Maka ketika orang yang ditanamkan idenya itu benar – benar terbangun, seketika orang tersebut percaya dengan ide itu dan merealisasikan di kehidupan nyatanya. Biar lebih jelas tonton saja langsung filmnya.

Saya tidak mengatakan kalau mimpi saya ini juga adalah hasil dari penanaman ide seseorang. Saya berpendapat kalau mimpi kita juga seperti yang diceritakan di film dan yang saya alami. Bahwa mimpi memang ada beberapa lapisan. Karena saya juga merasa emosi yang saya rasakan ketika bermimpi ini berbeda di setiap sesi nya.

Pada mulanya saya hanya bersedih, kemudian mimpi berikutnya saya lebih merasa nyata, di mimpi terakhir baru saya bisa menangis karena adik saya mengalami musibah tersebut.

Cara menggunakan False Awakening sebagai jembatan menuju Lucid Dream :

1. lakukan kebiasaan yang berulang setelah terbangun. Contohnya anda selalu membaca note atau catatan kecil di samping meja anda yang bertuliskan “kau telah terbangun”. Otomatis jika anda terbangun di False Awakening maka anda langsung membacanya. Karena ini sudah menjadi kebiasaan yang berulang setelah anda terbangun. Untuk Dicatat : pusatnya bahasa pada otak kita akan di-nonaktifkan ketika tertidur. Jadi kita tidak akan bisa membaca dengan jelas ketika di dalam mimpi.
2. ketika bangun dari tidur selalu bertanya pada diri sendiri “apakah ini mimpi?”. Menurut saya ini sangat sulit dilakukan.
3. selalu melakukan reality check. (yang ini wajib untuk dilakukan). Namun ini tentunya akan sulit jika anda terlalu mempercayai Fals Awakening sebagai kenyataan. Tergantung naluri anda sebagaimana peka terhadap mimpi
4. jika sudah menyadari anda mengalami False awakening, jangan panic dan cobalah untuk rileks. Karena kesalahan yang sering dilakukan adalah panic ataupun terlalu girang ketika menyadari Lucid Dream.

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

4 comments:

  1. aku pernah si kaya gitu. . . tapi masa tipsnya kayak gitu. . . . berati klo aku ngeblog mpe malem,, nti awakeningnya juga ngeblog?

    ReplyDelete
  2. @sapi : bisa jadi, hhe... BTW, mpe malem kan berarti gak tidur. gimana bisa bangun? hhe

    ReplyDelete
  3. ah itu mah hnya kembang tidur aja ko?

    ReplyDelete

My Blog My Rules!