BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Sunday, January 8, 2012

Sweeping technique is my Proud

            Teknik sweeping menurut saya adalah teknik tingkat dewa. Karena teknik ini harus benar – benar dikuasai sehingga nadanya rapih. Beda dengan Taping yang biasa di lakukan kebanyakan gitaris. Jika taping menurut saya adalah cara untuk memudahkan seseorang gitaris yang ingin memperoleh bunyi seperti sweeping. 


Sweeping terlalu sulit, maka Ia memilih melakukan Taping. Bagi saya Taping adalah bohong. Kecuali taping tiga jari. Itu masih bisa saya terima karena tingkat usahanya. Menurut saya niat banget nih orang yang ngelakuin taping tiga jari hanya untuk mengulang – ulang nada.

            Taping hanya menghasilkan nada konstan yang diputar – putar sehingga terdengar keren. Sedangkan sweeping menghasilkan banyak nada dengan cepat dan memperoleh variasi nada yang lebih menarik. Saya lebih suka dengan nada bervariasi dari pada nada yang hanya diputar – putar. Ini pendapat saya dan semua orang punya gaya masing – masing. Saya juga tetap menghargai pecinta teknik Taping. Karena pemakaian semua teknik adalah ekspresi masing – masing gitaris.

            Gitaris abad ini yang sangat saya jadikan patokan Sweeping adalah : Synister Gates, Lead Guitaris di Avenged Sevenfold. Syn memainkan peranannya dengan matang. Nada – nada sweeping yang Ia buat sangat mendramatisir suasana. Bahkan syn belum pernah sekalipun menggunakan teknik Taping yang full di lagu – lagu avenged sevenfold. Cocok dengan gaya saya. Walaupun Syn pernah menggunakan jari kanannya untuk men-taping hanya sekali di lagu Bat Country, tapi yang ini tidak masuk dalam hitungan. Karena taping yang Ia lakukan tanpa mengulang nada. Menurut saya tidak masuk kategori Taping sempurna. Hanya karena Syn ingin menciptakan nada yang sesuai maka Ia melakukan itu. Di lagu yang lain Syn hanya sweeping dan ini sangat mencerminkan diri saya. Beeeh….

            Saya telah meng-cover melodi dari Gates dan Zacky dalam lagu mereka Sidewinder. Melodi lagu ini di bagian akhir memang sangat menarik. Sekali lagi jika suatu melodi dilakukan dengan tanpa taping maka hasilnya akan lebih indah karena lebih bervariasi.

            Di bawah ini videonya :



            Di bawah ini video dengan skill lebih dari saya :

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

2 comments:

  1. mantaf nih artikelnya
    ane ga bisa maen pake tapping2, apalagi sweap
    cuma roll doang :p

    tapi menurut saya yang penting karakter,

    ReplyDelete

My Blog My Rules!