BatMonster
Facebook Twitter Youtube Soundcloud

Thursday, January 19, 2012

Jangan Takut Perubahan

“to exist is to change. To change is to mature. To mature is to go on creating oneself endlessly.”
Henry Bergson.




By the way logo di atas adalah logo bajak laut di serial anime One Piece.

Saya bisa saja menulis artikel dengan cara tidak serius. Bahkan sebagian besar artikel saya ditulis dengan cara tidak serius. Tetapi kali ini saya berbeda. Saya serius. Karena ini cerita Motivasi.


Artikel ini saya tulis di sore hari ketika matahari hampir terbenam. Sambil mendengar alunan musik Jazz yang lembut. Cahaya kuning matahari menerobos jendela kamar saya. Jadi teringat sewaktu saya membaca majalah Siswa yang diberikan Sampoerna foundation. Saya memilikinya karena saya mantan penerima beasiswa Sampoerna foundation. Dulu saya SMP kelas satu. Saya membaca majalah itu dan majalah itupun membaca saya. Lho? Maksudnya majalah itu memberikan pandangan kepada saya tentang “seperti apa sebenarnya dunia ini”. Banyak artikel yang dimuat di majalah itu mengenai motivasi untuk memperoleh masa depan yang bahagia. Majalah itu mengubah saya dari anak – anak menjadi Remaja kemudian dewasa. Padahal sekarang ini perubahan berujung dari anak –anak, remaja, ALAY, baru dewasa. Oke. Saya baru saja tersadar kalau saya harus serius. Tapi memang kenyataannya di Indonesia begitu. Remaja dapat berubah menjadi dewasa setelah melalui fase ALAY.

Kembali ke judul artikel Jangan Takut Perubahan. Paragraf atas adalah sekedar Intermezo.

Manfaatkan Perubahan

Suka atau tidak, yang namanya hidup pasti selalu ada perubahan. Seingkali perubahan itu terjadi di saat kita tidak siap menghadapinya. Iya kan? Contoh yang paling mudah adalah ketika kita harus sekolah ke kota lain dan kos.

Keadaan ini sudah pasti akan merubah pola kehidupan kita sehari – hari. Mulai dari tugas rumah yang biasanya dikerjakan Ibu dan Saudara kita, kini kita kerjakan sendiri. Kita juga kehilangan sosok Orang Tua yang selalu cerewet jika kita pulang larut. Kita juga kehilangan sosok abang atau adik yang sering jahil. Sebuah keadaan yang pastinya terasa menyebalkan, karena tiba – tiba saja hari – hari kita lebih sulit. Namun kita juga tidak boleh berkutat di dalam situasi yang sulit ini.

Coba deh, kita ambil sisi positif dari setiap perubahan yang terjadi. Misalnya saja, kita jadi orang yang lebih mandiri dan mulai mau membuka diri untuk bisa dekat dengan orang lain. Percayalah, setiap perubahan pasti memiliki sisi positif. Makanya kita harus pintar- pintar menguasai emosi sehingga bisa mencari sisi baik dalam setiap kehadian. Jika mampu melakukan hal ini terus – menerus, lambat laun tingkat kedewasaan pasti akan semakin bertambah.

Sepert lainnya ketika saya dulu TK atau SD. Di TK sewaktu kenaikan menuju SD, maka saya akan merasa belum mampu. Saya merasa saya belum sanggup menerima pelajaran SD bahkan saya merasa tidak akan mampu. Tetapi setelah dijalani maka jadinya saya malah sampai SMA favorit. Kejadian ini selalu terjadi ketika SD menuju SMP, SMP menuju SMA, dan ketika saya menulis artikel ini saya sedang menuju Perguruan Tinggi. Yang saya rasakan adalah sama seperti kejadian sebelumnya. Saya merasa belum mampu menuju Perguruan Tinggi. Apalagi jauh dari orang tua. Jujur saya anak manja.

Tetapi setelah saya teringat betapa banyak perubahan yang saya takuti dan kemudian akhirnya saya lewati juga. Saya kemudian merasa bahwa saya sanggup dan bisa melewati semua perubahan kemudian berhasil. Karena,

-Kita hanya takut dengan bayangan-

Perubahan itu samadengan Kemajuan Bro,

Jika kita sudah berusaha keras mencari sisi positif tapi belum juga menemukan manfaatnya, coba ulang kembali berjalanan hidup yang kita kita jalani. Loh, gimana bisa? By the way saya serius! Caranya, coba bayangkan saja kalau hidup kita tidak pernah mengalami perubahan. Pasti kita akan menemukan kenyataan bahwa kehidupan kita akan jadi sanyat statis dan membosankan. Dan yang paling parah, kita tidak akan bisa maju. Karena melalui perubahan, tentu kita mendapatkan banyak pelajaran berharga yang baru terasa gunanya di kemudian hari.

-Ayo Kawan, Kita Lakukan Perubahan Dan Jangan Seharipun Kita Statis-
-Bangunlah Dan Nikmati Manfaat Perubahan-

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

9 comments:

  1. yuk kita sama2 berubah untuk suatu yang lebih baik....setujuuuu.... hahayyy seip inpo motivasinya bang

    ReplyDelete
  2. @kangfarhan :mari menuju perubahan positif. makasih gan komennya

    ReplyDelete
  3. hubungannya berubah dengan menjadi diri sendiri? contrast opinion..

    ReplyDelete
    Replies
    1. perubahan itu menjadi diri sendiri,,
      (lagi pening)

      Delete
  4. balita ==> anak2 ===> remaja====> alay====> Dewasa :D hehe

    ReplyDelete
  5. aq jadi keinget ortuq dirumah gan.

    ReplyDelete
  6. jadi inget wktu sekolah ,nih

    ReplyDelete

My Blog My Rules!